digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018 TS PP WEDHA SATYA WARDHANA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Tukushop adalah e-commerce yang pertama kali online pada tahun 2011 oleh perusahaan PT Mall Niaga Online, anak perusahaan PT Duri, Salah satu grup perusahaan terbesar di Indonesia yang memiliki bisnis di bidang komoditas, perbankan, elektronika, properti dan perhotelan. Tukushop berniat untuk membawa konsep mal online yang akan menjadi pertama kali di Indonesia dengan menawarkan pengalaman belanja online yang memuaskan kepada konsumen Indonesia. Tukushop bermitra dengan penyedia teknologi kelas dunia, mitra logistik, mitra perbankan dan mitra dagang dengan standar tinggi untuk menciptakan sistem back-end yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Hal ini sejalan dengan visi PT MNO untuk menghadirkan layanan pelanggan yang memuaskan, mendorong perusahaan untuk menwarkan transaksi online yang nyaman namun aman yang masih menjadi ketakutan bagi pengguna online Indonesia kebanyakan dan nilai yang ditawarkan ini bertindak sebagai keunggualan kuat bagi perusahaan kala itu. Selama 5 tahun terakhir, E-commerce mengalami pertumbuhan yang signifikan di Asia Pasifik termasuk Indonesia, jumlah pembeli terus meningkat secara eksponensial namun Tukushop tidak berhasl mencapai target GMV di tahun 2016, gudang mengalami kelumpuhan saat momen pesanan tinggi dan pangsa pasar perusahaan menurun, berdasarkan pada Survei yang dilakukan oleh Dream Indicator terhadap 1.468 sampel pada bulan Agustus 2016, menyebutkan bahwa Tukushop memiliki sekitar 7% pangsa pasar, atau hanya sekitar setengah dari yang terbesar. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menemukan strategi bisnis baru bagi PT Mall Niaga Online untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, meningkatkan pangsa pasar, keuntungan dan menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Penulisan ini diawali dengan analisis lingkungan eksternal dan internal agar lebih memahami kondisi bisnis perusahaan. Analisis lingkungan eksternal dilakukan dengan menggunakan kerangka PEST untuk memahami situasi eksternal perusahaan terutama faktor lingkungan makro yang relevan dengan industri dimana perusahaan beroperasi dan analisis Porter Five force untuk mendapatkan pemahaman mengenai posisi kompetitif perusahaan di industri e-commerce. Analisis lingkungan internal dilakukan dengan menilai aktivitas perusahaan dengan menggunakan analisis Value Chain. Analisis lingkungan eksternal dan internal kemudian dirangkum dalam alat analisis SWOT yang menggambarkan kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) internal PT MNO bersamaan dengan ancaman (threat) dan kesempatan (opportunity) eksternal. Untuk memperoleh data primer, penulisan menggunakan cara kuantitatif melalui kuesioner untuk mendapatkan masukan pelanggan tentang pasar e-commerce dan preferensinya, adapun untuk penelitian kualitatif diperoleh melalui masukan dengan pakar di perusahaan. Data primer ini beserta data sekunder menjadi dasar keputusan strategi yang direkomendasikan bagi perusahaan. Penulisan ini kemudian dilanjutkan dengan perumusan strategi bisnis dengan menggunakan strategi kompetitif Generik dan analisis pesaing dengan alat pengambilan keputusan menggunakan SMART, disimpulkan bahwa strategi bisnis generik yang direkomendasikan untuk PT MNO adalah strategi diferensiasi. Penulisan ini juga menggambarkan pentingnya strategi Pertumbuhan terhadap tujuan perusahaan dengan menggunakan matriks ansoff dan menunjukkan perusahaan harus fokus pada pengembangan pasar B2B. Berdasarkan strategi generik dan strategi pertumbuhan yang selaras dengan visi dan misi perusahaan, PT MNO harus mengupayakan keunggulan kompetitif melalui kualitas produk yang tinggi, memelihara dan meningkatkan hubungan pelanggan, membangun brand yang lebih intensif melalui komunikasi pemasaran terpadu, peningkatan ketersediaan produk, dan strategi diferensiasi lainnya sementara strategi untuk pertumbuhannya adalah fokus pada pengembangan pasar yang berkembang melalui tipe bisnis B2B.