digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Proyek akhir ini meneliti mengenai strategi Corporate Shared Value (CSV) dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), berfokus pada program "Pengusaha Muda BRIliaN" (PMB) yang dirancang untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana BRI mengintegrasikan CSV dalam operasi perbankannya, berkontribusi pada nilai sosial dan nilai ekonomi. Peran program PMB dalam pertumbuhan UMKM adalah melalui Go global, Go digital, Go Modern, peningkatan branding dan literasi keuangan. Studi ini menggabungkan tinjauan literatur dengan analisis kualitatif, termasuk wawancara dengan perwakilan BRI dan peserta UMKM. Penelitian ini memvalidasi Value Proposition dan menyarankan peningkatan program. Peningkatan tersebut, selaras dengan Business Model Canvas (BMC) yang diusulkan, termasuk memperluas kemitraan, mengeksplorasi kategori bisnis baru, meningkatkan keterlibatan alumni, dan membangun komunitas. Temuan menyoroti kesuksesan BRI dalam menggabungkan tujuan CSV, berkontribusi pada keunggulan kompetitifnya.