Proyek akhir ini meneliti mengenai strategi Corporate Shared Value (CSV) dari PT
Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), berfokus pada program "Pengusaha Muda
BRIliaN" (PMB) yang dirancang untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana BRI
mengintegrasikan CSV dalam operasi perbankannya, berkontribusi pada nilai
sosial dan nilai ekonomi. Peran program PMB dalam pertumbuhan UMKM adalah
melalui Go global, Go digital, Go Modern, peningkatan branding dan literasi
keuangan. Studi ini menggabungkan tinjauan literatur dengan analisis kualitatif,
termasuk wawancara dengan perwakilan BRI dan peserta UMKM. Penelitian ini
memvalidasi Value Proposition dan menyarankan peningkatan program.
Peningkatan tersebut, selaras dengan Business Model Canvas (BMC) yang
diusulkan, termasuk memperluas kemitraan, mengeksplorasi kategori bisnis baru,
meningkatkan keterlibatan alumni, dan membangun komunitas. Temuan menyoroti
kesuksesan BRI dalam menggabungkan tujuan CSV, berkontribusi pada
keunggulan kompetitifnya.