digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

abstract upload tri yudha.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman


Tol Cipularang adalah salah satu bagian dari jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. Pada jalan tol ini, terdapat 5 buah tempat peristirahatan, km 72a, km 72b, km 88a, km 88b, dan km 97. Pada setiap tempat peristirahatan terdapat banyak toko yang menyediakan makanan, minuman, dan fasilitas lainnya. SABO adalah salah satu toko yang berada di tempat perisirahatan km 72a dan 72b. SABO menyediakan makanan ringan asal Indonesia (gorengan) sebagai produk utamanya. Pada awalnya konsumen utama SABO adalah pengguna shuttle transportation dan bukan pengguna shuttle (mobil pribadi). Pendapatan dari pengguna shuttle sebesar 58.3% dari total pendapatan. Pendapatan itu berkurang sejak Cipaganti, sebagai partner utama SABO mengalami kebangkrutan. Dari 2016 ke 2017, pendapatan SABO berkurang sebesar 32%, bahkan di akhir 2017, 100% dari konsumen SABO adalah pengguna mobil pribadi. Kondisi ini membuat SABO harus mengubah strategi bisnisya, dimana SABO harus melayani pengguna mobil pribadi. Pengguna mobil pribadi memiliki kriteria sendiri ketika membeli barang, SABO perlu mengetahui kebutuhan dan keinginan dari pengguna mobil pribadi. Penelitian pasar menjadi poin utama dalam thesis ini. Penelitian dilakukan dengan kuesioner online dan kuesioner pribadi. Hasil dari penelitian adalah sebuah strategi baru (STP), inovasi dan variasi produk, logo dan brand baru, dan perbaikan toko. Perancangan item dan fasilitas baru untuk SABO, diimplementasikan pada SABO-KECIL, yang menjadi satu-satunya toko yang dulu melayani konsumen shuttle dan pengguna mobil pribadi, dan masih bertahan.