digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Trans Geulis Travel merupakan perusahaan jasa yang meyediakan layanan transportasi untuk perjalanan antar kota. Terdapat beberapa layanan yang disediakan oleh PT Trans Geulis Travel ini salah satunya adalah layanan transportasi untuk Bandung – Jatinangor. Pada pasar layanan jasa ini, terdapat perusahaan lain yang telah menguasai pasar dan pada lini jasa travel, PT Trans Geulis Travel belum bisa menjadi market leader. Terdapat tiga pendekatan yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kekuatan pasar, salah satunya adalah peningkatan kualitas produk/jasa Atas dasar itulah, PT Trans Geulis Travel bermaksud untuk melakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas atas layanan yang diberikan. Fokus dari penelitian ini adaah layanan jasa dari PT Trans Geulis Travel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan serta mengajukan usulan perbaikan yang bersifat konseptual agar perusahaan dapat memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan tersbeut. Metodologi penelitian yang digunakan akan merujuk pada siklus hidup jasa yaitu melakukan identifikasi masalah, voice of customer, concept development, dan preliminary design. Pembentukan dan pengembangan konsep solusi akan dihasilkan melalui metode Quality Function Deployment (QFD). Atribut jasa yang akan digunakan pada penelitian ini berdasarkan pada atribut kualitas SERVQUAL yang telah disesuaikan untuk layanan jasa bersifat masal khususnya transportasi. Pada penelitian ini pula, akan digunakan Model Kano untuk mengkategorikan atribut menjadi beberapa tingkatan kebutuhan pelanggan. Hasil pengkategorian ini akan digunakan untuk proses pengembangan jasa. Hasil dari pengkategorian atribut jasa adalah 13 kebutuhan pelanggan dikategorikan menjadi kebutuhan yang bersifat performance dan terdapat satu kebutuhan pelanggan yang bersifat must-be. 13 kebutuhan pelanggan tersebut kemudian diproritaskan dan dianalisis guna mendapatkan solusi jasa. Solusi jasa ini dibentuk untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan pelanggan yang telah diprioritaskan. Pemetaan konsep pada penelitian ini menggunakan peta morfologi dan dihasilkan tiga konsep. Selanjutnya dilakukan pemilihan konsep solusi dengan menggunakan metode Pugh. Berdasarkan konsep yang terpilih, telah dihasilkan 8 solusi jasa untuk perbaikan layanan PT Trans Geulis Travel.