digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SYFO adalah perusahaan di industri makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 2021, menawarkan berbagai paket makanan sehat dan lezat. Penelitian ini mencoba untuk menjawab permasalahan bisnis yang dialami SYFO saat ini, khususnya kesulitan untuk mendapatkan penjualan dan meningkatkan retensi pelanggan untuk produk meal kit mereka. Untuk menemukan kekurangan dari produk meal kit, pencarian dimulai dengan mewawancarai pelanggan yang pernah membeli produk SYFO. Hasil menunjukkan ketidaksesuaian antara ekspektasi klien dan penawaran SYFO. Dengan begitu, hal ini memerlukan penyelidikan lebih menyeluruh menggunakan analisis bisnis dan analisis akar masalah. Kurangnya sumber daya dan standar yang tidak jelas untuk memasukkan preferensi konsumen ke dalam desain produk ditentukan sebagai akar masalah SYFO. Untuk menjawab permasalahan tersebut, SYFO melakukan pengembangan desain produk dengan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan framework House of Quality (HOQ). HOQ menggabungkan atribut teknis, preferensi pelanggan, dan penilaian kompetitif untuk menghasilkan panduan tentang atribut apa yang harus ditingkatkan dan harus diberikan prioritas utama dalam desain produk. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Tinjauan literatur dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan atribut preferensi pelanggan sementara atribut teknis sebagian besar dikumpulkan dari data internal operasional perusahaan. Metodologi kuantitatif digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat kepentingan setiap kebutuhan pelanggan dan kinerja produk pesaing. Hasil kerangka kerja HOQ menunjukkan area yang membutuhkan perbaikan dalam desain produk sebelumnya dan menawarkan daftar prioritas untuk pengembangan produk. Solusi yang disarankan untuk masalah yang disebutkan termasuk menemukan bahan-bahan khusus dan membuat kemasan yang menarik dan bermanfaat.