Hasil skor literasi PISA (Programme for International Student Assessment) pada bidang matematika siswa Indonesia pada tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan 2012 berturut-turut adalah 367, 360, 391, 371, dan 375. Berdasarkan data tersebut, dengan rata-rata skor literasi internasional adalah 500, dapat disimpulkan bahwa hasil literasi matematika siswa Indonesia signifikan di bawah rata-rata skor internasional. Dengan kata lain, kemampuan siswa Indonesia untuk mengidentifikasi, memahamai, serta menggunakan dasar-dasar matematika dalam menghadapi kehidupan sehari-hari masih jauh di bawah standar Internasional. Pendekatan pendidikan matematika realistik merupakan salah satu solusi yang baik untuk permasalahan tersebut. Oleh karena itu, disusun materi matematika untuk siswa SMP/MTs kelas 7 semester 1 dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Penyajian materi matematika tersebut diawali dengan contoh atau ilustrasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan penjelasan materi dikemas dengan prinsip penemuan kembali. Selain itu, soal-soal yang disajikan pada materi ajar tersebut mayoritas adalah soal-soal yang menyangkut kehidupuan sehari-hari. Tampilan penyajian materi ajar juga dibuat menarik agar dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Lebih lanjut, untuk membentuk karakter siswa, materi ajar matematika dibuat dengan bahasa yang baik, sopan, dan mendidik. Di samping itu, materi ajar matematika tersebut juga disusun agar siswa dapat lebih dekat dengan Allah SWT.