digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018 TA PP SOPANDI 1 ABSTRAK.pdf
PUBLIC Dewi Supryati

Perilaku berbelanja daring yang terus meningkat seiring perkembangan internet dan kondisi persaingan e-commerce yang ada di Indonesia mendorong PT Y untuk meningkatkan konversi pembeliannya. Peningkatan konversi pembelian dapat dilakukan dengan upaya pemberian iklan digital kepada konsumen. Akan tetapi, iklan digital saat ini masih belum mempertimbangkan perilaku konsumen. Padahal bisa jadi iklan yang diberikan kepada konsumen yang sesuai dengan perilakunya dapat meningkatkan peluang pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian dan pembelian konsumen yang dapat digunakan untuk membuat usulan konten iklan digital yang dapat meningkatkan peluang pembelian menggunakan data cookies pada situs m-commerce PT Y. Penelitian dilakukan untuk membangun model perilaku pencarian dan pembelian menggunakan model regresi logistik kelas laten dan menetapkan 21 hipotesis yang diuji. Model perilaku pencarian dibangun menggunakan analysis sample yang terdiri dari 99.574 data observasi dan divalidasi menggunakan data holdout sample sebanyak 30.259 data observasi. Sedangkan model perilaku pembelian dibangun menggunakan analysis sample yang terdiri dari 3.311 data observasi dan divalidasi menggunakan holdout sample yang terdiri dari 6.173 data observasi. Keduanya divalidasi menggunakan statistik Press’ Q dan menghasilkan p-value < 0,00001, yang menandakan bahwa prediksi kedua model lebih baik dari sekadar prediksi acak. Penelitian ini menghasilkan masing-masing lima kelas laten konsumen pada perilaku pencarian dan perilaku pembelian. Keduanya kemudian diintegrasikan menggunakan metode tabulasi silang dan menghasilkan lima kelas laten perilaku konsumen: directed buyer, search and deliberate consumer, hedonic browser, knowledge builder dan impulsive buyer. Berdasarkan karakteristik kelas laten perilaku konsumen dibuat usulan konten iklan digital yang dapat meningkatkan peluang terjadinya pembelian yang tersusun dari: atribut iklan yang ditampilkan, jumlah ads, interval antar ads, dan jumlah produk yang ditampilkan.