PT Len Industri merupakan perusahaan penyedia alat – alat elektronik dan layanan jasa yang
beroperasi di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu projek dari PT Len Industri adalah
proyek SMFR. PEKERJAAN PEMELIHARAAN PERANGKAT SISTEM
PENGELOLAAN FREKUENSI RADIO (SMFR), dalam proyek SMFR ini PT LEN Industri
bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Dalam proses perawatan dari
SMFR proyek ini, PT Len Industri sering mengalami keterlambatan dalam waktu
pengerjaannya hal ini disebabkan oleh tidak efektifnya komunikasi yang terjadi pada orang –
orang yang berkaitan dengan proyek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalah yang di hadapi oleh PT Len
Industri dalam pengerjaan proyek SMFR, menganalisa keadaan komunikasi yang dilakukan
saat ini oleh PT Len industri, dan memberikan usulan strategi untuk mengatasi permasalah
dalam keterlambatan pengerjaan pada proyek SMFR. Analisa pohon sebab akibat digunakan
untuk mencari akar – akar permasalahan, penulis juga melakukan forum diskusi dengan para
pimpinan proyek yang memiliki pengalaman dalam proyek SMFR. Sementara teori – teori
yang berkaitan dengan media komunikasi, analisis terhadap pemangku kepentingan juga
digunakan untuk membantu penulis dalam mencari sebab permasalahan dalam ruang lingkup
proyek SMFR.
Dari hasil analisis, penulis menemukan beberapa masalah seperti proses persetujuan
memakan waktu relatif lama, kebijakan perusahaan, kurangnya penggunaan teknologi dalam
alat komunikasi, kesenjangan pengetahuan anggota tim yang menjadi penyebab masalah
keterlambatan dalam pengerjaan proyek. Setelah menganalisis kondisi saat ini dalam proyek
pemeliharaan SMFR, penulis mengusulkan untuk memilih media komunikasi dengan
preferensi pemangku kepentingan, memperbaiki sistem intranet sebagai media berbagi
pengetahuan dan media komunikasi yang lebih baik bagi pemangku kepentingan internal
Industri PT Len, dan berisi perbaikan kebijakan, pelatihan dan pemenuhan aspek yang terkait
dengan akar permasalahan
Implementasi strategi dilakukan dalam jangka waktu hingga satu tahun. Dengan menerapkan
strategi – strategi tersebut, PT Len Industri diharapkan dapat mengurangi jumlah masalah
keterlambatan, mampu membangun kepercayaan terhadap klien dan meningkatkan
pendapatannya.
Perpustakaan Digital ITB