digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Len Industri merupakan perusahaan penyedia alat – alat elektronik dan layanan jasa yang beroperasi di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu projek dari PT Len Industri adalah proyek SMFR. PEKERJAAN PEMELIHARAAN PERANGKAT SISTEM PENGELOLAAN FREKUENSI RADIO (SMFR), dalam proyek SMFR ini PT LEN Industri bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Dalam proses perawatan dari SMFR proyek ini, PT Len Industri sering mengalami keterlambatan dalam waktu pengerjaannya hal ini disebabkan oleh tidak efektifnya komunikasi yang terjadi pada orang – orang yang berkaitan dengan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalah yang di hadapi oleh PT Len Industri dalam pengerjaan proyek SMFR, menganalisa keadaan komunikasi yang dilakukan saat ini oleh PT Len industri, dan memberikan usulan strategi untuk mengatasi permasalah dalam keterlambatan pengerjaan pada proyek SMFR. Analisa pohon sebab akibat digunakan untuk mencari akar – akar permasalahan, penulis juga melakukan forum diskusi dengan para pimpinan proyek yang memiliki pengalaman dalam proyek SMFR. Sementara teori – teori yang berkaitan dengan media komunikasi, analisis terhadap pemangku kepentingan juga digunakan untuk membantu penulis dalam mencari sebab permasalahan dalam ruang lingkup proyek SMFR. Dari hasil analisis, penulis menemukan beberapa masalah seperti proses persetujuan memakan waktu relatif lama, kebijakan perusahaan, kurangnya penggunaan teknologi dalam alat komunikasi, kesenjangan pengetahuan anggota tim yang menjadi penyebab masalah keterlambatan dalam pengerjaan proyek. Setelah menganalisis kondisi saat ini dalam proyek pemeliharaan SMFR, penulis mengusulkan untuk memilih media komunikasi dengan preferensi pemangku kepentingan, memperbaiki sistem intranet sebagai media berbagi pengetahuan dan media komunikasi yang lebih baik bagi pemangku kepentingan internal Industri PT Len, dan berisi perbaikan kebijakan, pelatihan dan pemenuhan aspek yang terkait dengan akar permasalahan Implementasi strategi dilakukan dalam jangka waktu hingga satu tahun. Dengan menerapkan strategi – strategi tersebut, PT Len Industri diharapkan dapat mengurangi jumlah masalah keterlambatan, mampu membangun kepercayaan terhadap klien dan meningkatkan pendapatannya.