digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pradipta DP.pdf
PUBLIC Kartika

Usaha Kedai Kopi merupakan usaha yang diminati oleh banyak orang saat ini, dilihat dari banyaknya kedai kopi yang bermunculan. Hal ini selain ditunjang dengan banyaknya penikmat kopi, juga karena gaya hidup masyarakat saat ini yang suka menongkrong bersama teman atau kolega sehabis beraktivitas. Kedai Seruput adalah salah satu pemain di bisnis kedai kopi. Pemilik usaha ini memanfaatkan rumah pribadinya menjadi kedai kopi. Dengan kedai kopi dengan konsep rumahan ini, Kedai Seruput menciptakan nuansa “homey” yang menjadikan pelanggannya merasa seperti di rumah sendiri. Hingga saat ini mayoritas pelanggan setia dari Kedai Seruput berasal dari kenalan pemilik usaha. Dengan banyaknya pesaing di industri ini maka Kedai Seruput butuh meningkatkan pangsa pasar dan mendapatkan pelanggan setia baru untuk membuat usahanya dapat bertahan lama. Berdasarkan analisis eksternal, ditemukan bahwa industri ini memiliki persaingan yang ketat, pesaingnya bukan hanya dari kedai kopi saja tetapi dari tempat lain seperti kafe atau restoran karena mereka menawarkan pelayanan dan produk yang serupa. Selain itu, dari faktor internal Kedai Seruput juga hanya mengandalkan media promosi Instagram tanpa program promo lainnya. Dengan menggunakan rumah sendiri, Kedai Seruput tentunya juga terkendala dengan keterbatasan fasilitas yang dimiliki. Dari faktor internal dan eksternal di Kedai Seruput maka didapatkan analisis SWOT. Dari analisis SWOT maka dapat dilihat bahwa Kedai Seruput belum optimal dalam mencari pelanggan baru dan mempertahankannya. Dari analisis pelanggan juga dilihat beberapa poin penting seperti fasilitas yang dirasa penting yang masih bisa ditingkatkan oleh Kedai Seruput. Dari analisis matriks TOWS, peneliti mengajukan beberapa usulan strategi pemasaran yang bisa diterapkan oleh Kedai Seruput. Usulan itu berupa peningkatan promosi dengan menampilkan kelebihan pada Kedai Seruput dan pemasangan iklan di media social, berkolaborasi dengan selebriti di media sosial, mengembangkan program loyalitas dan promo produk, dan peningkatan fasilitas di Kedai Seruput.