digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Satoe Noesa adalah bisnis start-up di bidang clothing yang didirikan oleh Ryan Bilardi di Jakarta pada bulan Juli 2017. Dengan misi untuk memperkenalkan keunikan Indonesia, Saote Noesa ke depannya akan menawarkan berbagai desain. Satoe Noesa memilih karakter unik dari tiap daearah di Indonesia untuk diapalikasikan kedalam desain. Satoe Noesa memiliki beberapa masalah, diantaranya adalah tidak mencapai tareget penjualan, rendahnya kesadaran terhadap merk Satoe Noesa, sedikitnya varian desain dan juga kurangnya sumber daya manusia, yang menyebabkan Satoe Noesa dijalanakan oleh empat orang. Saat ini, Satoe Noesa masih belum memiliki toko fisik, dan masih mengandalkan penjualan dari toko online. Metode riset yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Langkah pertama yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah adalah dengan melakukan analisis internal. Internal analisis ini termasuk analisis STP dan analisis Marketing mix. Faktor eksternal dianalisis menggunakan Porter 5 Forces, Kompetitor dan Benchmark analisis. Dengan melihat kondisi internal dan eksternal dari Satoe Noesa, beberapa solusi yang dinilai tepat dibentuk untuk menentukan strategi bisnis perusahaan. Kumpulan wawancara pelanggan Satoe Noesa adalah sebagai data utama untuk menentukan apa yang pelanggan harapkan dari merk. Untuk menganalisa akar permasalahan, penelitian ini menggunakan Ishikawa Fishbone Diagram. Permasalahan utama dari perusahaan ini adalah rendahnya kesadaran merk. Untuk memperbaiki masalah tersebut, penelitian ini menggunakan analisis AISAS dan AISAS Benchmark. Solusi yang dibentuk mengacu pada strategi pemasaran digital yang terdiri dari attention, interest, search, action, share, dan social media monitoring. Usulan solusi berdasarkan dari penelitian untuk meningkatkan kesadaran terhadap merk dengan menggunakan strategi AISAS yang terdiri dari membuat laman utama, menejemen social media, pelayanan pelanggan, membuka pasar baru, membuat iklan yang menarik, dan promosi. Untuk memudahkan pelanggan mendapatkan barang, Satoe Noesa harus menyebarkan barang di pasar yang lebih besar. Memonitor media sosial dibutuhkan untuk memantau dan menganalisa aktifitas dari media sosial. Usulan rencana aksi strategi pemasaran digital untuk satu tahun telah tersedia untuk menjalankan dan mengelola strategi. Pada saat itu, laman utama telah selesai untuk memberikan informasi kepada customer mengenai Satoe Noesa. Promo diskon harus direncanakan terlebih dahulu, teruatam saat acara nasional dan juga hari gajian I akhir bulan untuk menarik lebih banyak pelanggan.