Satoe Noesa adalah bisnis start-up di bidang clothing yang didirikan oleh Ryan Bilardi di
Jakarta pada bulan Juli 2017. Dengan misi untuk memperkenalkan keunikan Indonesia, Saote
Noesa ke depannya akan menawarkan berbagai desain. Satoe Noesa memilih karakter unik
dari tiap daearah di Indonesia untuk diapalikasikan kedalam desain. Satoe Noesa memiliki
beberapa masalah, diantaranya adalah tidak mencapai tareget penjualan, rendahnya kesadaran
terhadap merk Satoe Noesa, sedikitnya varian desain dan juga kurangnya sumber daya
manusia, yang menyebabkan Satoe Noesa dijalanakan oleh empat orang. Saat ini, Satoe
Noesa masih belum memiliki toko fisik, dan masih mengandalkan penjualan dari toko online.
Metode riset yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Langkah pertama yang dilakukan
untuk mengidentifikasi masalah adalah dengan melakukan analisis internal. Internal analisis
ini termasuk analisis STP dan analisis Marketing mix. Faktor eksternal dianalisis
menggunakan Porter 5 Forces, Kompetitor dan Benchmark analisis. Dengan melihat kondisi
internal dan eksternal dari Satoe Noesa, beberapa solusi yang dinilai tepat dibentuk untuk
menentukan strategi bisnis perusahaan. Kumpulan wawancara pelanggan Satoe Noesa adalah
sebagai data utama untuk menentukan apa yang pelanggan harapkan dari merk. Untuk
menganalisa akar permasalahan, penelitian ini menggunakan Ishikawa Fishbone Diagram.
Permasalahan utama dari perusahaan ini adalah rendahnya kesadaran merk. Untuk
memperbaiki masalah tersebut, penelitian ini menggunakan analisis AISAS dan AISAS
Benchmark. Solusi yang dibentuk mengacu pada strategi pemasaran digital yang terdiri dari
attention, interest, search, action, share, dan social media monitoring. Usulan solusi
berdasarkan dari penelitian untuk meningkatkan kesadaran terhadap merk dengan
menggunakan strategi AISAS yang terdiri dari membuat laman utama, menejemen social
media, pelayanan pelanggan, membuka pasar baru, membuat iklan yang menarik, dan
promosi. Untuk memudahkan pelanggan mendapatkan barang, Satoe Noesa harus
menyebarkan barang di pasar yang lebih besar. Memonitor media sosial dibutuhkan untuk
memantau dan menganalisa aktifitas dari media sosial.
Usulan rencana aksi strategi pemasaran digital untuk satu tahun telah tersedia untuk
menjalankan dan mengelola strategi. Pada saat itu, laman utama telah selesai untuk
memberikan informasi kepada customer mengenai Satoe Noesa. Promo diskon harus
direncanakan terlebih dahulu, teruatam saat acara nasional dan juga hari gajian I akhir bulan
untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Perpustakaan Digital ITB