BAB I Nabila Tiara Putri [27123002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Nabila Tiara Putri [27123002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Nabila Tiara Putri [27123002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Nabila Tiara Putri [27123002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Nabila Tiara Putri [27123002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Bagi Generasi Z, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi,
tetapi juga sebagai hiburan, informasi, dan validasi diri. Hal ini menjadikan
Generasi Z sebagai kelompok yang paling rentan terhadap adiksi media sosial
karena memiliki intensitas penggunaan tertinggi dibanding generasi lainnya.
Pengaksesan media sosial yang berlebihan dapat berdampak negatif pada
kehidupan sehari-hari dan memicu adiksi. Sebagian dari Generasi Z telah
menyadari kondisi ini dan mencoba melakukan social media detox secara mandiri.
Namun, upaya tersebut sering kali gagal karena tingginya distraksi media sosial dan
hanya mengandalkan motivasi internal yang tidak stabil. Penelitian ini merancang
aplikasi mobile untuk membantu mempertahankan motivasi internal dengan
menciptakan lingkungan eksternal yang dapat mendorong konsistensi dalam
penerapan social media detox melalui pendekatan intervensi. Metode penelitian
yang digunakan adalah Design Thinking yang berfokus pada kebutuhan pengguna.
Sedangkan metode perancangan UI/UX disusun menggunakan framework The
Elements of User Experience dengan hasil akhir hi-fidelity prototype. Evaluasi
dilakukan melalui pengujian System Usability Scale (SUS) dan User Experience
Questionnaire Short (UEQ-S). Hasil menunjukkan skor SUS sebesar 84.5 (kategori
promoter) dan skor UEQ-S rata-rata 2.59, yang mengindikasikan bahwa aplikasi
memiliki usabilitas tinggi, pengalaman pengguna yang baik, serta potensi loyalitas
pengguna. Meskipun demikian, aplikasi masih memiliki ruang untuk improvisasi
dan perlu pengembangan lebih lanjut melalui eksplorasi konten, fitur, serta iterasi
berbasis umpan balik pengguna.
Perpustakaan Digital ITB