CV. Berkah Lestari adalah perusahaan yang menyediakan komoditas untuk fokus pada sayuran dan buah-buahan. Pejabat perusahaan didirikan pada 31 Juli 1994 oleh Asep Iwan. CV. Berkah Lestari sebagai perusahaan pemasok sayuran dan buah-buahan di kota Bandung memiliki tujuan dan bidang usaha untuk pasokan sayuran dan buah-buahan segar yang terkait untuk industri perhotelan terutama hotel dan restoran. Perusahaan saat ini menghadapi kondisi yang sulit, karena substitusi tingkat tinggi dan pendatang baru. Pertumbuhan hotel dan restoran di kota Bandung terus meningkat setiap tahun, tetapi tidak sesuai dengan kondisi CV saat ini. Kinerja Berkah Lestari perlahan menurun, perusahaan tidak mengambil tindakan apa pun dan menyiapkan strategi bisnis untuk kondisi saat ini.
Setelah beberapa waktu, tingkat substitusi yang tinggi dan aktivitas pendatang baru mengurangi kinerja penjualan. Hal ini dibuktikan oleh beberapa klien yang menghentikan kontrak kerja sama. Pemutusan kontrak kerja sama memiliki alasan yang jelas, yaitu klien memiliki pemasok lain. Pada 2012, jumlah klien CV. Berkah Lestari adalah 25 klien, kemudian menurun menjadi 18 klien pada tahun 2017. Perusahaan telah kehilangan 28% pelanggan, yang secara tidak langsung mempengaruhi CV. Pendapatan Berkah Lestari.
Penulis melakukan analisis internal (analisis rantai nilai, berwujud, sumber daya tak berwujud, dan analisis kemampuan organisasi) dan analisis eksternal (lima kekuatan Porter, analisis PEST, dan analisis pesaing) yang telah dipetakan ke Analisis SWOT. Hasilnya menunjukkan CV. Berkah Lestari membutuhkan strategi bisnis baru sebagai solusi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Untuk implementasi kepada peneliti menggunakan Penetrasi Pasar dan akan dilaksanakan sesegera mungkin. Harapannya adalah CV. Berkah Lestari dapat meningkatkan dan bersaing dalam industri pemasok sayuran dan buah-buahan di kota Bandung.