digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pariwisata makanan terus tumbuh dan berkontribusi terhadap ekonomi global. Sedangkan Generasi Y atau yang juga biasa disebut Millennial adalah pasar yang besar untuk industri pariwisata makanan, terutama karena mereka sangat antusias untuk bepergian ke seluruh dunia. Perilaku Generasi Y yang suka mengeksplorasi pengalaman baru adalah peluang bagi pemilik bisnis dalam industri pariwisata makanan. Selain itu Generasi Y adalah generasi digital asli yang memiliki berbagai media sosial yang mendorong aktivitas elektronik dari mulut ke mulut (eWOM). Namun, masih ada sedikit penelitian yang membahas masalah ini. Untuk menguji hubungan Generasi Y, eWOM, dan pengalaman wisata kuliner peneliti membuat studi dengan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan survei ke 202 Generasi Y. Peneliti kemudian membuat analisis menggunakan SEM PLS untuk memahami model dan signifikansinya. Peneliti menemukan bahwa eWOM memiliki hubungan yang kuat dengan pengalaman wisata kuliner, terutama membentuk harapan mereka menuju tujuan wisata kuliner. Apalagi ketika Generasi Y mengalami kepuasan atau ketidakpuasan mereka memiliki niat untuk berbagi melalui media sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemasaran strategi daring adalah penting dan memberikan dampak positif bagi industri pariwisata kuliner.