digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, mobilitas masyarakat Indonesia semakin tinggi. Mereka diharuskan untuk pindah dengan cepat dan seefisien mungkin. Salah satu transportasi yang dapat mereka gunakan untuk berpergian adalah menggunkan pesawat terbang. Dengan transportasi ini masyarakat dapat berpergian lebih cepat meskipun lebih mahal. Tetapi sekarang, terdapat maskapai yang menyediakan layanan tarif rendah untuk penumpangnya sehingga penumpang dapat berpergian menggunakan pesawat dengan biaya yang relatif lebih murah. Layanan ini populer dengan cepat ditunjukan dengan sehingga lebih banyak maskapai di Indonesia yang menyediakan layanan ini. Para maskapai pun bersaing untuk memberikan tarif termurah untuk pelanggannya meskipun hal tersebut dapat mengorbankan kualitas layanan yang diberikan kepada penumpangnya.Penelitian ini ditujukan untuk mencari tahu bagaimana kondisi kualitas layanan dari penerbangan tarif rendah di Indonesia dan mencari tahu indikator apa yang menjadi indikator utama bagi penumpang. Untuk itu penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL yang disusun oleh Parasuraman. Penelitian ini menemukan jarak negative yang menunjukan bahwa maskapai belum berhasil mencapai ekspektasi pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi terhadap maskapai tarif rendah di Indonesia agar mereka dapat meningkatkan kualitas layanan kepada penumpangnya.