digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT X, sebuah perusahaan e-commerce di Indonesia, hendak meningkatkan konversi pembelian untuk situs mobile atau m-commerce karena konversi pembelian saat ini masih terbilang rendah, yaitu 0,8%. Pendekatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konversi pembelian adalah dengan meningkatkan peluang pembelian melalui perbaikan rekomendasi produk. Peluang pembelian dapat ditingkatkan dengan memahami atribut produk yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan begitu, PT X dapat memberikan konten rekomendasi produk yang tepat sasaran untuk memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Peneliti menggunakan cookies berupa data view product, data katalog produk, dan data transaksi smartphone selama dua minggu, yaitu sejak 2 November 2017 hingga 15 November 2017. Data cookies tersebut diekstraksi menggunakan bahasa pemrograman Python untuk mendapatkan data variabel penelitian. Variabel penelitian yang digunakan adalah atribut produk smartphone yang dikaitkan dengan model theory of planned behavior (TPB), dan selanjutnya diteliti pengaruhnya terhadap keputusan pembelian melalui lima belas hipotesis penelitian. Jumlah data yang akhirnya digunakan untuk analisis adalah 2198 observasi atau 1397 konsumen. Regresi logistik kelas laten digunakan untuk mengelompokkan konsumen ke dalam empat kelas berdasarkan perilaku keputusan pembelian. Empat kelas yang terbentuk adalah impulsive camera-oriented buyer, promotional utilitarian buyer, impulsive price-oriented buyer, dan utilitarian buyer. Temuan penelitian ini digunakan untuk merancang usulan konten rekomendasi produk yang dibentuk berdasarkan atribut produk yang memengaruhi keputusan pembelian untuk konsumen pada masing-masing kelas.