Reaktivasi jalur rel kereta api di Sumatera Barat pada beberapa tahun belakangan ini mulai gencar dilakukan. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan akan melakukan reaktivasi jalur rel kereta Sawah Lunto-Padang Panjang-Padang yang akan lebih difokuskan untuk melayani penumpang. Di koridor Batu Tabal-Padang Panjang-Kayu Tanam, terdapat 14
jembatan perlintasan kereta api yang perlu ditingkatkan dari segi kekuatan pada aspek strukturalnya. Pada Tugas Akhir Desain ini, penulis akan melakukan perancangan terhadap salah satu jembatan di koridor Batu Tabal-Padang Panjang-Padang berdasarkan kriteria desain dan standar yang berlaku. Perencanaan konstruksi struktur jembatan kereta api harus diselenggarakan dengan tingkat harga yang sekecil mungkin dengan output yang dihasilkan merupakan kualitas terbaik dan tetap menjamin keamanan dan kenyamanan. Material beton prategang merupakan material beton yang diberi prategang melalui kabel baja (tendon). Untuk bentang dan beban yang sama material beton prategang membutuhkan lebih sedikit beton dan baja tulangan dibandingkan material beton bertulang. Oleh karena itu, jembatan I-girder beton prategang menjadi pilihan yang menarik untuk dibahas lebih dalam karena dapat diselenggarakan dengan biaya yang seminimal mungkin dan hasil yang semaksimal mungkin.