digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA MUHAMAD SAIFUDIN ASHARI (NIM : 15013150)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

Salah satu aspek penting dalam suatu proyek konstruksi yaitu sistem pengelolaan sumber daya air. Prinsip saluran drainase yang dahulu dikenal adalah pembuangan secepat mungkin air hujan yang jatuh sehingga tidak menggenangi suatu lokasi. Namun seiring perkembangan zaman, sistem drainase tidak lagi hanya terkait dengan membuang air secepatnya dari suatu lokasi agar tidak tergenang, yang kemudian dikenal dengan drainase ramah lingkungan. Sistem drainase untuk Terminal Purabaya Surabaya dirancang dengan menggunakan prinsip drainase ramah lingkungan, yaitu dengan penambahan sistem rainwater harvesting untuk menampung air hujan sehingga dapat langsung dimanfaatkan. Dengan konsep drainase ramah lingkungan tersebut, maka kelebihan air hujan tidak secepatnya dibuang ke sungai terdekat sehingga kemungkinan banjir/genangan di lokasi yang bersangkutan, banjir di hilir serta kekeringan di hulu dapat dikurangi. Desain drainase untuk Terminal Purabaya terdiri dari dua tipe yaitu tipe I yang merupakan saluran primer/pengumpul dan tipe II yang merupakan saluran sekunder. Saluran tipe I dibagi menjadi saluran terbuka dan tertutup. Saluran tipe II hanya terdiri dari saluran terbuka. Saluran yang didesain melintang di bawah permukaan jalan menggunakan jenis saluran tertutup dan saluran di tepi jalan atau lahan menggunakan jenis saluran terbuka. Sistem rainwater harvesting yang didesain yaitu kapasitas tampungan, talang dan pipa.