digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pentingnya kolaborasi jaringan dalam menciptakan inovasi model bisnis belum banyak disadari oleh para pelaku mode di Indonesia. Salah satu penghambat perkembangan industri mode di Indonesia adalah minimnya pemahaman tentang penerapan model bisnis. Banyak pelaku mode di Indonesia yang belum mengetahui jaringan yang dapat mereka ikuti untuk pengembangan bisnis mereka. Padahal, dengan mengikuti suatu jaringan, perusahaan bisa membangun hubungan yang menguntungkan dan mengurangi persaingan dalam industri. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan akan kurangnya penelitian yang membahas tentang model bisnis yang memiliki fokus jaringan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan metode studi kasus. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan wawancara semi terstruktur dan data sekunder. Penulis memilih tiga kasus yang mewakili masing-masing jenis jaringan, yaitu jaringan bernilai vertikal, jaringan bernilai horisontal, dan jaringan bernilai multidimensional. Kasus yang dipilih adalah The Goods Dept, Indonesian Fashion Chamber, dan Zalora Indonesia. Studi kasus digunakan untuk mencari pemahaman mendalam tentang inovasi model bisnis berbasis jaringan di industri mode di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan jaringan, model bisnis, dan inovasi model bisnis akan menghasilkan nilai yang berbeda. Jaringan vertikal yang cenderung kaku menghasilkan nilai yang paling sedikit. Strategi inovasi model bisnisnya berfokus pada peningkatan keuntungan. Kemudian, jaringan horisontal memiliki struktur jaringan yang paling fleksibel, namun menyebabkan ketidakstabilan jaringan. Terakhir, jaringan multidimensional yang berbasis kesepakatan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan para mitra, dan juga memiliki tingkat inovasi tertinggi dan hasil nilai yang paling banyak. Namun, ketiga kasus tersebut menunjukkan bahwa berkolaborasi dalam jaringan membawa banyak keuntungan, seperti meningkatkan keuntungan, memperluas bisnis, dan lainnya.