digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Industri kecantikan dan kosmetik di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan beberapa tahun terakhir ini. Kondisi perekonomian yang positif di Indonesia terus merangsang penjualan produk kecantikan dan memberikan dampak di area peningkatan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan serta daya beli masyarakat. Selain itu, dengan diterbitkannya peraturan pemerintah mengenai persyaratan jaminan untuk klaim produk halal memberikan peluang besar dan pasar potensial untuk menawarkan produk kecantikan dengan label halal di pasar Indoneisa sebagai populasi dengan jumlah penduduk Muslim yang besar. PT. Arkamaya Pancadasa Indonesia hadir sebagai salah satu merek kosmetik lokal yang masuk di tahun 2016. Bertujuan untuk menghadirkan alternatif baru bagi pasar kosmetik lokal dengan memberikan desain unik dan kemajuan produk formula, melalui brand They Talk About mereka menjanjikan perbedaan untuk pelanggannya. Melalui analisis yang dilakukan dari lingkungan bisnis eksternal dan internal, They Talk About perlu menjalankan strategi fokus diferensiasi sebagai strategi bisnis generik mereka yang berfokus dalam memberikan peningkatan produk berkualitas tinggi dengan strategi penjualan & pemasaran terdepan dan efektif yg berfokus kepada target segmen spesifik untuk dapat memenangkan pangsa pasar mereka. Beberapa formulasi strategi menggunakan TOWS Matrix, Diamond Strategy dan Business Model Canvas dilakukan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal peningkatan penjualan untuk dapat bersaing di industri kosmetik lokal.