Abstrak - Industri kecantikan dan kosmetik di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan
beberapa tahun terakhir ini. Kondisi perekonomian yang positif di Indonesia terus merangsang
penjualan produk kecantikan dan memberikan dampak di area peningkatan lapangan kerja dan
meningkatkan pendapatan serta daya beli masyarakat. Selain itu, dengan diterbitkannya peraturan
pemerintah mengenai persyaratan jaminan untuk klaim produk halal memberikan peluang besar dan
pasar potensial untuk menawarkan produk kecantikan dengan label halal di pasar Indoneisa sebagai
populasi dengan jumlah penduduk Muslim yang besar. PT. Arkamaya Pancadasa Indonesia hadir
sebagai salah satu merek kosmetik lokal yang masuk di tahun 2016. Bertujuan untuk menghadirkan
alternatif baru bagi pasar kosmetik lokal dengan memberikan desain unik dan kemajuan produk
formula, melalui brand They Talk About mereka menjanjikan perbedaan untuk pelanggannya. Melalui
analisis yang dilakukan dari lingkungan bisnis eksternal dan internal, They Talk About perlu
menjalankan strategi fokus diferensiasi sebagai strategi bisnis generik mereka yang berfokus dalam
memberikan peningkatan produk berkualitas tinggi dengan strategi penjualan & pemasaran terdepan
dan efektif yg berfokus kepada target segmen spesifik untuk dapat memenangkan pangsa pasar mereka.
Beberapa formulasi strategi menggunakan TOWS Matrix, Diamond Strategy dan Business Model
Canvas dilakukan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal
peningkatan penjualan untuk dapat bersaing di industri kosmetik lokal.