digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kawasan Pasar Baru Bandung merupakan kawasan pusat perdagangan yang terletak di pusat kota Bandung. Aktivitas ekonomi yang vital dan lokasinya yang strategis, menjadikan kawasan Pasar Baru menarik untuk dikembangkan. Desakan pembangunan ekonomi yang tinggi pada kawasan menuntut kawasan Pasar Baru untuk berkembang dan meningkatkan daya dukung lingkungannya dengan cara pembangunan baru. Kawasan Pasar Baru juga merupakan kawasan cagar budaya yang dilestarikan. Kawasan Pasar Baru juga memiliki banyak bangunan cagar budaya dan keunikan karakter baik secara fisik maupun aktivitas. Pembangunan baru pada kawasan cagar budaya sering kali hanya dilakukan atas pertimbangan ekonomi dan mengesampingkan karakter kawasan dan budaya masyarakatnya. Tantangan yang muncul pada perancangan kawasan Pasar Baru adalah bagaimana menjembatani antara desakan pembangunan ekonomi yang tinggi pada kawasan dan upaya pelestarian kawasan. Dibutuhkan suatu pendekatan perancangan yang dapat menjembatani pembangunan baru akibat desakan ekonomi dan upaya pelestarian kawasan. Pengembangan wisata kota merupakan sebuah jalan untuk memberikan nilai ekonomi pada kawasan cagar budaya lewat sektor pariwisata yang dibangkitkan. Pengembangan wisata kota juga dapat berperan untuk dapat menonjolkan kekhasan karakter kawasan baik secara fisik maupun aktivitas untuk dikembangkan sebagai suatu daya tarik. Pengembangan wisata kota pada kawasan juga dapat menjadi suatu upaya pembangunan yang berkelanjutan dimana akan memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas fisik lingkungan dan perekonomian masyarakat. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut tujuan tesis ini adalah mengembangkan kawasan Pasar Baru dengan pendekatan wisata kota sebagai upaya pelestarian kawasan yang berkelanjutan.