Brussels Spring adalah usaha restoran yang dimulai sejak 2006. Produk khasnya diantaranya
adalah menu sajian ala Belgia berupa dining dan desert yang dipopulerkan sejak awal berdiri.
Selain itu, restoran ini juga menawarkan aneka macam roti/cake yang dijual di tempat atau by order.
Restoran ini mengembangkan divisi pemasaran, operasional, keuangan, dan sumber daya
manusia meski memperbaiki sambil berjalan.
Bagian dua penelitian ini menunjukkan kondisi internal perusahaan dan situasi industri di
luar perusahaan dengan analisis internal dan eksternal perusahaan untuk menemukan akar permasalahannya.
Pada bagian ini penulis memakai beberapa model yaitu seperti analisis SWOT,
model scanning environmental, model five forces milik Porter, dan survey kualitatif dalam bentuk
kuesioner dan wawancara. Dari isu-isu bisnis yang Brussels Spring hadapi disebabkan utamanya
oleh kurangnya manajemen perusahaan dalam menggalangkan strategi dalam mencapai sasaran
perusahaan.
Bagian tiga dari penelitian ini penulis mengolah hasil data pada bagian 2 untuk mengembangkannya
menjadi solusi bisnis menggunakan analisis EFAS dan IFAS. Selanjutnya, penulis
memanfaatkan matriks SWOT dan matriks TOWS untuk memformulasikan strategi korporat dan
strategi fungsional perusahaan sebagai resolusi yang ditawarkan untuk akar permasalahan. Hasilnya
menunjukkan, dengan memanfaatkan matriks SWOT untuk strategi pertumbuhan korporat
dan memanfaatkan juga matriks TOWS untuk menghasilkan strategi fungsional.
Strategy implementation, at the final chapter of the research, is the part where the formulation
on the previous chapter goes into practical for the mean of implementation. As a proposed
implementation, the content is compared with other success story of other business.
Implementasi strategi, sebagai bagian akhir penelitian, akan mengimplementasikan hasil
data dari bagian sebelumnya menjadi tindakan praktis. Implementasi yang ditawarkan berdasarkan
kisah sukses dari bisnis lainnya yang telah berhasil dijalankan.