Tugas akhir ini menyajikan studi stabilitas pondasi tiang grup berjenis bored pile yang merupakan kasus pada pembangunan Jembatan Kereta Api Cirebon-Kroya. Perhitungan stabilitas pondasi meliputi analisa secara manual dan analisa menggunakan Program GROUP dan PLAXIS. Untuk menganalisa daya dukung tiang tunggal dan perilaku yang terjadi, digunakan program SHAFT dan LPILE. Selain itu juga dilakukan perhitungan manual sebagai perbandingan dengan hasil yang dikeluarkan oleh program.
Analisis dilakukan pada jembatan bagian pier dan abutment yang terletak pada lapisan tanah lempung dan pasir dengan kedalaman total hingga 25 meter. Parameter tanah perhitungan ditentukan dengan melakukan korelasi dengan data N-SPT dan penyelidikan di lapangan. Nilai daya dukung izin diperoleh dengan menetapkan minimum safety factor (SF) sebesar 3.
Studi yang dilakukan meliputi perbandingan perhitungan manual, program GROUP dan program PLAXIS, dimana nilai gaya aksial, gaya lateral, momen, defleksi dan settlement yang dihasilkan menjadi fokus utamanya.