digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pesatnya perkembangan wisata kuliner di Kota Bandung seiring dengan mudahnya akses jalan tol yang menghubungkan antara Kota Bandung dengan Kota Jakarta dan sekitarnya membuat Kota Bandung menjadi tujuan wisata kuliner baik bagi warga Kota Bandung dan Wisatawan lokal yang berasal dari luar kota. Eaters.com kafe dan resto mengambil peluang ini untuk turut meramaikan wisata kuliner di Kota Bandung dengan segmentasi pasar bawah dengan menawarkan konsep yang lain dengan pesaingnya. Konsep yang ditawarkan adalah dengan menyediakan kafe dan resto sebagai tempat berdiskusi yang tidak menyuguhkan nuansa musik agar orang bisa berdiskusi dengan tenang. Eaters.com menyediakan makanan berkualitas, enak dan murah dengan pelayanan yang memuaskan. Ketika Eaters.com mulai beroperasi dengan STP dan strategi pemasaran yang ada, Eaters.com tidak dapat meraih pangsa pasar yang diinginkan. Hal ini sangat disayangkan karena Eaters.com sudah mengadopsi strategi cost leadership yang bertujuan agar dapat memberikan harga yang murah dibandingkan dengan pesaingnya. Diharapkan dengan mengadopsi strategi tersebut Eaters.com dapat meraih pangsa pasar yang diinginkan. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan analisis faktor internal, faktor eksternal, STP, serta mengukur kekuatan dan kelemahan bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh Eaters.com sehingga dapat memberikan masukkan berupa usulan strategi pemasaran besera implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif melalui studi pustaka dan studi lapangan yang didukung oleh riset dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil analisa dapat dilihat bahwa rendahnya jumlah konsumen yang datang ke Eaters.com disebabkan oleh STP dan strategi pemasaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, dalam menghadapi ketatnya persaingan, Eaters.com perlu melakukan pemetaan kembali suatu strategi pemasaran baru yang sesuai dengan STP untuk membantu mencapai target penjualan. Hasil penelitian ini memunculkan solusi jangka menengah dalam rangka meraih pangsa pasar yang diinginkan.