digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri fotografi adalah salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sedang berkembang dengan pesat. Untuk menjadi pengusaha yang sukses dan mempertahankan posisi di lapangan yang kompetitif, seorang pengusaha sebaiknya mempunyai keunggulan bersaing dibandingkan dengan yang lainnya. Kompetisi di industri ini membuat pengusaha semakin susah untuk mempertahankan posisinya sehingga mereka perlu melihat faktor – faktor apa saja yang dapat membantu untuk mendapatkan keunggulan bersaing menuju keberhasilan usaha. Penelitian ini meneliti faktor yang mempengaruhi inovasi produk, dalam hal ini adalah orientasi pasar dan teknologi. Selain itu juga meneliti pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, terutama di industri fotografi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membangun sebuah model dan menganalisa faktor yang mempengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada UKM,terutama industri fotografi. Penelitian ini dibatasi pada UKM saja, terutama para pengusaha yang ada pada industri fotografi. Faktor yang dianalisa terbatas pada orientasi pasar dan teknologi, dimana faktor – faktor lain akan menjadi saran untuk penelitian lebih lanjut, dengan harapan dapat membantu pengusaha fotografi. Penelitian ini menyediakan dasar yang berguna untuk akademisi dan praktisi atau pengusaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan digunakan untuk menganalisa pengaruh dari variabel – variabel tersebut terhadap inovasi produk dan pengaruhnya terhadap keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini, analisa jalur digunakan sebagai perhitungan statistik untuk menganalisa apakah orientasi pasar dan teknologi mempengaruhi keunggulan bersaing dengan inovasi produk sebagai variabel intervensi, atau mempengaruhi keunggulan bersaing secara langsung. Hasil analisa menunjukkan bahwa orientasi pasar dan teknologi mempengaruhi keunggulan bersaing secara positif dengan inovasi produk sebagai variabel intervensi. Selain itu, orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk juga mempengaruhi keunggulan bersaing secara bersamaan dengan inovasi produk sebagai pengaruh terbesar.