Perkembangan Industri teh di Indonesia sekarang ini mengalami suatu kemajuan terutama pada tingkat konsumsi yang terus meningkat akan tetapi dari segi kwalitas produk-produk teh yang ada sekarang ini masih rendah, padahal di lain sisi kebun-kebun teh produktif di
Indonesia sangatlah banyak. Hal tersebut dikarenakan kandungan katekin pada teh yang cukup tinggi, kadungan ketekin yang tinggi tersebut berpengaruh pada rasa dan aroma teh.
Merek merupakan suatu faktor penting bagi produsen maupun konsumen, bagi produsen merek dapat dikatakan suatu aset dari sebuah perusahaan dan bagi konsumen merek merupakan salah satu faktor yang menyebabkan komsumen setia dalam menggunakan suatu produk. Merek yang memiliki ekuitas baik akan lebih bernilai positif dimata konsumen, dan apabila konsumen bangga menggunakan suatu merek maka konsumen tersebut memiliki ekuitas konsumen yang tinggi terhadap suatu merek. Selain dari pada itu merek yang sudah dipercaya oleh konsumen memiliki peluang timbulnya rekomendasi dari konsumen ke
konsumen lainnya.
Produk merupakan tahap awal dalam melakukan proses penjualan, apabila produk tersebut mempunyai nilai positif di mata konsumen maka produk tersebut dapat dikatakan baik, yang mempengaruhi kesuksesan sebuah produk diantaranya adalah : bentuk kemasan, bentuk dan isi dari produk, logo dari merek dan tagline. Apabila hal-hal tersebut menjadi hal yang paling diingat oleh konsumen maka produk tersebut bernilai baik dimata konsumen, selain dari pada itu peranan promosi dan komunikasi merupakan tahap kedua yang harus dilakukan oleh produsen guna menyampaikan informasi produk baik langsung maupun tidak langsung kepada konsumen.
Pada tesis ini penulis melakukan penelitian bagaimana membuat suatu merek baru serta produk baru teh celup Walini secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui produk teh celup seperti apa yang diminati oleh konsumen di Jawa Barat khususnya Bandung. Hasil dari penelitian ini akan menjadi sebuah solusi bisnis bagi PT.PN VIII sebagai produsen teh celup Walini serta berbagai usulan tentang merek dan produk baru teh celup Walini diharapkan dapat digunakan untuk berkompetisi di industri teh celup yang sekarang ini cukup kompetitif.