digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Esa Visual Padjadjaran Tivi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran televisi dengan nama stasiun PJTV. Persaingan TV lokal di Bandung semakin ketat dengan munculnya TV lokal lain yang lebih kuat dan kreatif sehingga akan mempengaruhi stasiun TV lokal untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat Bandung. PJTV telah berkembang kemampuannya dilihat dari hasil penilaian dari lembaga penilai TV lokal, PJTV menempati posisi pertama sejak November 2008 sampai Januari 2009 namun iklan yang masuk ke PJTV masih diluar target yang dinginkan. Kecilnya iklan yang masuk merupakan indikasi dari pengaruh penilaian dari masyarakat akan kualitas acara, image dan awareness akan brand PJTV Untuk mengembangakan kekuatan brand PJTV maka peneliti melakukan pengukuran dengan pendekatan Brand Equity dari David Aaker untuk mendapatkan Brand Awareness TV lokal, Perceived Quality, Brand Association dan Brand Loyalty dari PJTV. Peneliti melakukan survei dengan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data-data untuk mengukur setiap elemen dari ekuitas merek PJTV. Oleh karena itu, solusi bisnis yang tepat untuk penguatan brand PJTV adalah pengembangan program pemasaran untuk perbaikan program pemasaran, perbaikan kualitas, pemilihan brand positioning dan proses internal branding untuk menguatkan citra dari merek PJTV.