Usaha catering adalah istilah umum untuk wirausaha yang melayani pemesanan berbagai macam masakan dan minuman yang melibatkan perlengkapan untuk kebutuhan acara pesta maupun instansi yang disiapkan pada waktu dan tempat tertentu.
Meningkatnya permintaan atas jasa catering menyebabkan banyak UKM-UKM catering baru yang terjun ke bidang ini sehingga membuat persaingan menjadi semakin ketat. Hal tersebut membuat UKM-UKM catering mengalami tantangan yang lebih berat untuk mampu mempertahankan keberadaannya dan juga mengembangkan usahanya. Oleh karena itu perlu di identifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja UKM catering di kota Bandung.
Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UKM. Faktor-faktor tersebut diantaranya modal psikologis entrepreneur, manajemen sumber daya manusia, inovasi, karakter entrepreneur dan karakter UKM catering.
Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dimana dilakukan survei terhadap 97 entrepreneur UKM catering di kota Bandung. Berdasarkan hasil survei tersebut faktor yang mempengaruhi kinerja UKM catering di kota Bandung adalah modal psikologis entrepreneur dan manajemen sumber daya manusia.