digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Periklanan merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Periklanan yang dilakukan tepat waktu dan tepat sasaran akan meningkatkan keuntungan suatu perusahaan. Periklanan dapat dianggap sebagai investasi bagi perusahaan yang sering disebut goodwill. Dalam tugas akhir ini, akan dibahas bagaimana perusahaan menentukan kebijakan periklanan yang tepat dengan menerapkan teori kontrol optimal pada salah satu model periklanan, yaitu model Nerlove-Arrow. Model Nerlove-Arrow merepresentasikan pengaruh goodwill dalam meningkatkan keuntungan perusahaan dengan memaksimalkan fungsi objektif perusahaan pada model Nerlove-Arrow. Pembahasan dimulai dengan metode prinsip maksimum Pontryagin, lalu analisis linear, dan perpanjangan nonlinear model Nerlove-Arrow sehingga kita mengetahui kebijakan optimal yang seharusnya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan maksimal bagi perusahaan.