2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-COVER.pdf
2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-BAB 1.pdf
2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-BAB 2.pdf
2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-BAB 3.pdf
2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-BAB 4.pdf
2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-BAB 5.pdf
2009 TS PP NIKO FAJAR UTAMA 1-PUSTAKA.pdf
Berdasarkan worldwidestats, Indonesia termasuk dalam 20 negara dengan jumlah
pengguna internet terbesar di dunia. Hal tersebut membuat Indonesia sebagai
salah satu dari sedikit negara di Asia dengan jumlah pengguna internet terbesar di
dunia. Berdasarkan data tersebut, Indonesia memiliki potensi yang besar
dikarenakan jumlah pengguna internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun.
Penyedia jasa internet dalam hal ini memiliki peran penting dalam mendukung
perkembangan internet di Indonesia. Dalam satu tahun terakhir, terdapat
perkembangan yang berkelanjutan dalam jumlah pengguna internet, dan
berkaitan dengan hal tersebut banyak penyedia jasa internet bermunculan untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat akan permintaan layanan internet.
Perusahaan penyedia jasa internet termasuk TELKOM Speedy harus memiliki
strategi agar merk mereka dapat dipilih oleh konsumen. Dari tinjauan pustaka
dihasilkan beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sebuah
merk. Di dalam penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan
sebuah merk dibagi menjadi dua faktor utama; faktor-faktor yang secara umum
mempengaruhi pemilihan sebuah merk; dan faktor-faktor yang secara spesifik
mempengaruhi pemilihan sebuah merk dalam konteks penyedia jasa internet.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan di
pengguna Speedy yang termasuk kategori pengguna residensial (rumah) di
Bandung. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode simple
random sampling. Analisis regresi berganda digunakan di dalam riset ini untuk
mengukur model dan menguji hubungan antara variable di dalam model.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa faktor yang diperoleh
dari literature review; Harga; Promosi penjualan, Iklan, Brand Credibility,
Internet Access Atribut, dan Teknologi & Jangkauan Penyedia Jasa Internet
hanya faktor Promosi penjualan, Iklan, dan Teknologi & Jangkauan Penyedia
jasa internet yang secara signifikan mempengaruhi konsumen dalam memilih
Telkom Speedy sebagai penyedia jasa internet mereka. Dari dua faktor utama
yang mempengaruhi konsumen tersebut diperoleh hasil faktor-faktor yang secara
umum mempengaruhi pemilihan merek memiliki pengaruh yang lebih besar
terhadap pemilihan merek TELKOM Speedy. Berdasarkan survey diperoleh
bahwa Majority of confirming dimensions heuristics adalah attributed based
choice strategy yang paling banyak digunakan.