digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Market timing adalah waktu saat suatu perusahaan menerbitkan ekuitas di saat nilai pasar tinggi, dan melakukan beli kembali saham pada saat nilai pasar rendah. Market timing sangat penting untuk dipelajari karena jika suatu perusahaan mengetahui cara untuk menghadapi perilaku market timing, perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan yang besar. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dari Indonesia apakah market timing berpengaruh terhadap struktur modal atau tidak. Proyek ini mengacu terhadap penelitian yang dilakukan oleh Baker and Wurgler yang menyatakan bahwa market timing berpengaruh terhadap struktur modal dengan sampel perusahaan Amerika yang sudah go public. Waktu penelitian proyek ini adalah dari tahun 1997 sampao 2007 dengan sampel seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa efek Indonesia dan telah melakukan IPO sebelum 1998. Proyek ini menggunakan 5 (lima) variable bebas yakni market-tobook, keuntungan, asset tetap, ukuran perusahaan dan lagged leverage. Variabel terikat yang digunakan adalah perubahan book leverage dan perubahan market leverage. Hasil yang didapatkan dalam proyek ini adalah market timing tidak memiliki pengaruh terhadap struktur modal di Indonesia, dan ditemukan beberapa variabel yang mempengaruhi market timing. .