2008 TS PP JUANG PERDANA MARBAMBA 1-COVER.pdf
2008 TS PP JUANG PERDANA MARBAMBA 1-BAB 1.pdf
2008 TS PP JUANG PERDANA MARBAMBA 1-BAB 2.pdf
2008 TS PP JUANG PERDANA MARBAMBA 1-BAB 3.pdf
2008 TS PP JUANG PERDANA MARBAMBA 1-BAB 4.pdf
2008 TS PP JUANG PERDANA MARBAMBA 1-PUSTAKA.pdf
Indonesia memiliki berbagai potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Hal itu tidak mengherankan, karena Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang melimpah. Saat ini tempat wisata yang menyajikan panorama nan indah, budaya yang eksotik, rekreasi yang menyenangkan, petualangan yang mendebarkan tidaklah sulit untuk dijumpai di Indonesia, tetapi lebih daripada itu jenis wisata agro yang sifatnya sehat alami masih kurang populer di tengah masyarakat dan tempat wisata yang seperti itupun masih sangat jarang dijumpai. Penulisan tesis ini bertujuan untuk merumuskan strategi promosi untuk mengkomunikasikan positioning wisata agro tanaman obat Togapuri. Pada tesis ini penulis akan memperkenalkan Togapuri sebagai tempat wisata sehat alami yang mempunyai konsep back to nature. Langkah utama yang harus dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwasannya Togapuri sebagai daerah wisata adalah menciptakan strategi promosi agar mampu memposisikan Togapuri sebagai wisata sehat alami. Istilah strategi promosi sendiri adalah untuk mengendalikan, mengintegrasikan program-program metode komunikasi dan merancangnya agar dapat mewakili organisasi dan produk atau jasanya ke calon pelanggan. Cara yang digunakan untuk mengetahui keinginan dan respon dari masyarakat terhadap jenis wisata agro adalah dengan menggunakan FGD dan in-depth interview. Untuk mengkomunikasikan positioning Togapuri harus aktif dalam melakukan komunikasi, yaitu dengan kegiatan ATL (Above the Line) dan BTL (Below the Line). Pemilihan media untuk ATL dan BTL disesuaikan dengan pasar yang menjadi target promosi serta differensiasi dalam menawarkan dan mengemas produk dan layanan sangat menunjang terciptanya positioning. Kegiatan ATL dilaksanakan melalui iklan di majalah herbal, website, kantor-kantor, perguruan tinggi, sekolah dan brosur-brosur di hotel. Togapuri akan lebih banyak menggunakan tipe promosi Below The Line (BTL), aspek promosi yang diangkat adalah publikasi (publicity) dan sales Promotion, aspek ini bisa dilakukan melalui program / kegiatan Expo.