digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Spencer Steven Paoh
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Spencer Steven Paoh
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Spencer Steven Paoh
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Spencer Steven Paoh
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Spencer Steven Paoh
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Spencer Steven Paoh
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PT. Freeport Indonesia adalah anak perusahaan dari Freeport-McMoRan Inc. (FCX) yang mempunyai cadangan tembaga dan emas terbesar didunia yang berlokasi di Kabupaten Mimika, Papua. Saat ini sedang berlangsung negosiasi antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia mengenai jaminan kelangsungan operasi perusahaan. Negosiasi ini sangat penting untuk kedua belah pihak untuk menentukan apakah PTFI dapat terus beroperasi dan terus memberikan manfaat untuk Bangsa dan Negara kita atau harus berhenti karena dinilai tidak berkontribusi bagi Negara Kita. Opini public sangat berpengaruh besar dalam proses tercapainya kesepakatan tersebut yang membahas beberapa item yang salah satunya dan yang terpenting bagi perusahaan mengenai diperolehnya Jaminan Ijin perpanjangan Kontrak sampai tahun 2041. Sudah terlalu banyak informasi negative mengenai keberadaan PT Freeport Indonesia yang sudah memasuki 50 tahun di Indonesia. Dan selama ini itu juga tidak ada klarifikasi yang dilakukan oleh perusahaan mengenai informasi-informasi negative tersebut. Sehingga masyarakat menganggap bahwa berita-berita tersebut adalah benar. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulkan opini public yang negative terhadap Freeport misalnya adala publik Indonesia kurang paham mengenai kiprah PT Freeport Indonesia, terutama kiprah positifnya. Pers di Indonesia umumnya juga tidak menaruh perhatian terhadap peran PT Freeport Indonesia, terutama sisi positifnya. Peran media massa mainstream dalam membentuk opini public sudah mulai tergerus oleh kekuatan lain yaitu media sosial dan opini public di Indonesia cenderung mengikuti opini umum, walaupun opini umum tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya. Untuk itulah dalam tugas akhir ini penulis ingin agar melalui beberapa strategy komunikasi yang dilakukan akan mampu membuat masyarakat bisa melihat PT Freeport Indonesia dengan lebih baik berdasarkan fakta-fakta yang ada, mengenai hal-hal postif yang sudah dilakukan sehingga opini negative yang selama ini sudah terbentuk bisa berangsur-angsur postif. Tesis ini merupakan upaya ilmiah awal untuk menentukan strategi komunikasi yang tepat untuk merubah persepsi public dan memperkuat branding dari PT Freeport Indonesia. Perlu diingat juga bahwa strategi komunikasi dan branding harus diterapkan terus menerus untuk memperoleh hasil yang maksimal bagi PT Freeport Indonesia. Strategi tersebut harus direncanakan dengan baik setiap tiga bulan sekali di awal kuartal, dan peninjauan setiap rencana dalam setiap kegiatan untuk memastikan strategi yang efektif.