digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-COVER.pdf


2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-BAB1.pdf

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-BAB2.pdf

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-BAB3.pdf

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-BAB4.pdf

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-BAB5.pdf

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-BAB6.pdf

2008 TA PP LAFRANIA TAUFIK 1-PUSTAKA.pdf

Saat ini telah terjadi perubahan orientasi bisnis, dari pelanggan target pasif menjadi pelanggan target aktif. Perubahan ini menjadikan perusahaan untuk membangun dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang dimilikinya dengan Customer Relationship Management (CRM). Fase penting dalam CRM adalah mengenai peningkatan pelayanan kepada perusahaan. Peningkatan pelayanan ini pada akhirnya akan berhubungan pada tujuan perusahaan yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Peningkatan pelayanan dan keuntungan ini bisa didapatkan dengan mengetahui customer profitability yang berguna untuk mengetahui apakah pelanggan dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan atau tidak. Dengan informasi tersebut perusahaan diharapkan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang mampu memberikan keuntungan kepada perusahaan. Pada tugas akhir ini, dikembangkan model pengukuran customer profitability dengan menggabungkan perhitungan Lifetime Value (LTV), model Recency-Frequency-Monetary (RFM), dan evaluasi pelayanan kepada pelanggan dengan menggunakan kuesioner. Prototipe perangkat lunak dirancang dan dibangun untuk validasi model yang dikembangkan. Pembangunan prototipe menggunakan bahasa C#.Net dengan Microsoft Visual Studio 2008, Microsoft SQL Server Management Studio Express 2005, dan tambahan library grafik dari ZedGraph. Pengujian prototipe dilakukan oleh penulis sebagai pengembang dan pengguna dari perusahaan ZOE Comics Corner. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa prototipe perangkat lunak telah memenuhi kebutuhan yang ditetapkan dan output yg dikeluarkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam peningkatan pelayanan dan keuntungan perusahaan.