Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - Muhammad Arif Palgunadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Kepolisian Republik Indonesia mencatat truk menjadi kendaraan penyumbang
angka kecelakaan lalu lintas terbesar ke-2 di Indonesia setelah sepeda motor selama
tahun 2022 yang telah menyebabkan banyak kematian serta kerugian finansial yang
besar. Namun demikian, belum banyak penelitian yang melakukan survei untuk
mengidentifikasi faktor apa saja yang berkaitan dengan permasalahan keselamatan
truk khususnya terkait kecelakaan truk. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan sebuah kuesioner untuk identifikasi awal permasalahan
keselamatan truk di jalan raya dengan mempertimbangkan karakteristik operasional
yang terjadi di Indonesia.
Proses pengembangan kuesioner dilakukan dengan mengacu pada tahapan
perancangan Macroergonomics Organizational Questionnaire Survey (MOQS)
yaitu dimulai dari tahap konseptualisasi, perancangan kerangka konseptual
kuesioner berdasarkan framework acuan, penyusunan item pertanyaan berdasarkan
tinjauan pustaka, perancangan desain kuesioner, dan diakhiri dengan pengujian
awal terhadap kuesioner. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini
berjumlah 40 orang yang berasal dari berbagai perusahaan.
Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah kuesioner yang berhasil dikembangkan
sebanyak 75 pertanyaan yang terdiri dari 50 pertanyaan tertutup, 24 pertanyaan
tertutup dengan jawaban skala Likert yang telah dinyatakan valid dan reliabel
dengan nilai Cronbach’s alpha sebesar 0.874, dan satu pertanyaan terbuka. Dengan
demikian, hasil yang diperoleh dari kuesioner ini dapat diolah dan dianalisis lebih
lanjut untuk mendapatkan gambaran awal terkait permasalahan keselamatan truk di
Indonesia. Kuesioner ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk penelitian
selanjutnya dalam mengidentifikasi faktor apa saja yang berkaitan dengan
keselamatan truk khususnya kecelakaan truk di Indonesia secara lebih mendalam
dengan sampel yang lebih besar dan mengakomodasi lebih banyak jenis truk.