Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Telkom Indonesia (Telkom), atau dapat disebut sebagai Telkom, merupakan Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi
dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia yang mengatur bisnis
dengan berfokus pada berbagai segmentasi pelanggan, salah satunya segmentasi business
to business (B2B) yang disebut Consumer Facing Unit Enterprise & Business Service
(CFUE). Pada tahun 2023, CFUE Telkom mengalami masalah dalam pencapaian target
penjualan yang ditujukkan dengan adanya penurunan jumlah win project. Setelah
dilakukan analisis 5 whys, hal tersebut terjadi karena kurangnya integrasi proses dan
informasi yang diperlukan pada pelaksanaan salah satu aspek dari customer relationship
management (CRM) yang dijalankan oleh Account Manager (AM), yaitu proses sales
funnel management (SFM). Maka dari itu, perlu dirancang perbaikan proses bisnis SFM
dan sistem CRM yang dapat mengintegrasikan proses dan informasi untuk mendukung
AM melaksanakan pelaksanaan SFM yang optimal.
Penelitian ini dimulai dari studi pendahuluan untuk peninjauan kondisi perusahaan.
Selanjutnya, dilakukan pengerjaan studi literatur. Pada tahap pengumpulan dan pengolahan
data, digunakan metodologi pengembangan sistem informasi dari Framework for the
Application of System (FAST). Terdapat empat proses utama yang digunakan dalam
penelitian ini, yaitu problem analysis, requirement analysis, design, dan construction &
testing. Kemudian, tahapan analisis digunakan untuk menganalisis hasil dari penelitian.
Dan terakhir, tahap penutup yang berisi kesimpulan dan saran.
Penelitian ini menghasilkan output berupa rancangan perbaikan proses bisnis serta
prototipe sistem CRM yang terintegrasi untuk mendukung AM dalam melaksanakan SFM
pada CFUE Telkom. Proses perancangan ini dilakukan hingga tahap pembentukan user
interface. Hasil rancangan telah diverifikasi dan divalidasi sesuai dengan kebutuhan.
Diharapkan rancangan proses bisnis usulan dan prototipe sistem CRM yang dibuat dapat
membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja AM dalam menjalankan proses bisnis
SFM yang optimal dan meningkatkan jumlah win project.