digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Telkom Indonesia (Telkom), atau dapat disebut sebagai Telkom, merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia yang mengatur bisnis dengan berfokus pada berbagai segmentasi pelanggan, salah satunya segmentasi business to business (B2B) yang disebut Consumer Facing Unit Enterprise & Business Service (CFUE). Pada tahun 2023, CFUE Telkom mengalami masalah dalam pencapaian target penjualan yang ditujukkan dengan adanya penurunan jumlah win project. Setelah dilakukan analisis 5 whys, hal tersebut terjadi karena kurangnya integrasi proses dan informasi yang diperlukan pada pelaksanaan salah satu aspek dari customer relationship management (CRM) yang dijalankan oleh Account Manager (AM), yaitu proses sales funnel management (SFM). Maka dari itu, perlu dirancang perbaikan proses bisnis SFM dan sistem CRM yang dapat mengintegrasikan proses dan informasi untuk mendukung AM melaksanakan pelaksanaan SFM yang optimal. Penelitian ini dimulai dari studi pendahuluan untuk peninjauan kondisi perusahaan. Selanjutnya, dilakukan pengerjaan studi literatur. Pada tahap pengumpulan dan pengolahan data, digunakan metodologi pengembangan sistem informasi dari Framework for the Application of System (FAST). Terdapat empat proses utama yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu problem analysis, requirement analysis, design, dan construction & testing. Kemudian, tahapan analisis digunakan untuk menganalisis hasil dari penelitian. Dan terakhir, tahap penutup yang berisi kesimpulan dan saran. Penelitian ini menghasilkan output berupa rancangan perbaikan proses bisnis serta prototipe sistem CRM yang terintegrasi untuk mendukung AM dalam melaksanakan SFM pada CFUE Telkom. Proses perancangan ini dilakukan hingga tahap pembentukan user interface. Hasil rancangan telah diverifikasi dan divalidasi sesuai dengan kebutuhan. Diharapkan rancangan proses bisnis usulan dan prototipe sistem CRM yang dibuat dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja AM dalam menjalankan proses bisnis SFM yang optimal dan meningkatkan jumlah win project.