digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang memanfaatkan konsep struktur data stack untuk mengajarkan Computational Thinking (CT) melalui pendekatan yang lebih interaktif dan praktis. Modul ini menggunakan mekanisme stack yaitu LIFO (Last-In First-Out) untuk menyimulasikan skenario dinamis dalam permainan, di mana pemain mengatur urutan masuk dan keluar objek atau karakter permainan ke dalam lubang-lubang sebagai representasi konkret dari operasi push dan pop. Dengan pendekatan ini, pemain dapat memahami prinsip kerja stack serta teknik pemecahan masalah berbasis logika urutan dan kontrol alur. Sebagai bagian dari game edukatif, modul ini mengintegrasikan elemen-elemen gamifikasi seperti sistem poin, feedback visual, serta leaderboard yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Visualisasi stack dalam game ditampilkan secara jelas dan real-time, sehingga memungkinkan pemain melihat perubahan kondisi stack berdasarkan input mereka serta mengevaluasi hasilnya melalui umpan balik langsung. Dengan ini, siswa tidak hanya memahami prinsip struktur data stack, tetapi juga dilatih dalam proses dekomposisi, abstraksi, dan berpikir algoritmis dalam konteks penyelesaian masalah komputasional. Hasil pengujian modul melalui usability testing menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata 69.0 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Pengujian menunjukkan bahwa pengguna secara umum merasa modul mudah digunakan, meskipun masih ada catatan untuk perbaikan seperti kejelasan narasi, affordance UI, serta metafora elemen. Secara keseluruhan, modul memenuhi ukuran keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu keterpenuhan kebutuhan fungsional, visualisasi stack yang konkret, integrasi backend yang stabil, serta antarmuka yang interaktif.