Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang memanfaatkan konsep struktur
data stack untuk mengajarkan Computational Thinking (CT) melalui pendekatan yang lebih
interaktif dan praktis. Modul ini menggunakan mekanisme stack yaitu LIFO (Last-In First-Out)
untuk menyimulasikan skenario dinamis dalam permainan, di mana pemain mengatur urutan
masuk dan keluar objek atau karakter permainan ke dalam lubang-lubang sebagai representasi
konkret dari operasi push dan pop. Dengan pendekatan ini, pemain dapat memahami prinsip
kerja stack serta teknik pemecahan masalah berbasis logika urutan dan kontrol alur.
Sebagai bagian dari game edukatif, modul ini mengintegrasikan elemen-elemen gamifikasi
seperti sistem poin, feedback visual, serta leaderboard yang bertujuan untuk meningkatkan
motivasi dan keterlibatan siswa. Visualisasi stack dalam game ditampilkan secara jelas dan
real-time, sehingga memungkinkan pemain melihat perubahan kondisi stack berdasarkan input
mereka serta mengevaluasi hasilnya melalui umpan balik langsung. Dengan ini, siswa tidak
hanya memahami prinsip struktur data stack, tetapi juga dilatih dalam proses dekomposisi,
abstraksi, dan berpikir algoritmis dalam konteks penyelesaian masalah komputasional.
Hasil pengujian modul melalui usability testing menggunakan metode System Usability Scale
(SUS) menghasilkan skor rata-rata 69.0 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Pengujian
menunjukkan bahwa pengguna secara umum merasa modul mudah digunakan, meskipun
masih ada catatan untuk perbaikan seperti kejelasan narasi, affordance UI, serta metafora
elemen. Secara keseluruhan, modul memenuhi ukuran keberhasilan yang telah ditetapkan,
yaitu keterpenuhan kebutuhan fungsional, visualisasi stack yang konkret, integrasi backend
yang stabil, serta antarmuka yang interaktif.
Perpustakaan Digital ITB