digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peningkatan kebutuhan terhadap sarana transportasi seiring meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia memiliki dampak yang cukup serius terhadap lingkungan. Salah satu sarana transportasi yang dinilai ramah lingkungan adalah sepeda. Akan tetapi, penggunaan sepeda di jalan raya juga menimbulkan tantangan tersendiri karena adanya lalu lintas campuran yang meningkatkan risiko kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku pesepeda terhadap probabilitas terjadinya kecelakaan dalam bersepeda di jalan. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dengan mengamati jawaban responden pada aspek pematuhan dan pelanggaran aturan yang dilakukan. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logistik sehingga diperoleh koefisien masing-masing variabel terkait. Hasil penelitian ini menemukan bahwa aspek pematuhan aturan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap probabilitas terjadinya kecelakaan saat bersepeda di jalan dibandingkan dengan pelanggaran aturan. Meskipun demikian, peningkatan pematuhan aturan dan pengurangan pelanggaran aturan dapat dilakukan secara bersama-sama untuk meminimalkan probabilitas terjadinya kecelakaan saat bersepeda di jalan.