digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Fachrudin Hanafi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam tugas sarjana ini, dilakukan analisis dan optimasi terhadap model sayap pesawat tempur menggunakan struktur komposit sayap dengan konfigurasi multi-spar konvensional. Struktur multi-spar pada sayap adalah konfigurasi struktur yang menggunakan lebih dari satu spar sebagai elemen penopang utama dalam menahan beban. Dengan adanya lebih dari satu spar, beban struktural dapat didistribusikan secara lebih merata, sehingga mengurangi tegangan pada masing-masing spar. Tugas sarjana ini merupakan lanjutan dari tugas sarjana sebelumnya oleh Bakti [1] dan Ilham [2], yang melakukan optimasi pada model sayap pesawat tempur dengan konfigurasi multispar dan anisogrid secara manual. Pada penelitian ini, dilakukan analisis statik pada sayap pesawat dengan konfigurasi multi-spar. Selanjutnya, struktur sayap dioptimasi berdasarkan batasan statik dan dilakukan studi sensitivitas berat. Hasil optimasi menunjukan bahwa massa setengah sayap dengan konfigurasi multi-spar dengan distribusi pembeban segitiga adalah 438 kg, dengan distribusi pembebanan schrenk sebesar 522 kg, dan dengan distribusi pembebanan konstan sebesar 670 kg.