digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC Open In Flipbook Dewi Supryati

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi bisnis di berbagai sektor, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM). Namun, tingkat adopsi digital pada UKM di Indonesia masih tergolong rendah akibat keterbatasan sumber daya, kurangnya pengetahuan, dan minimnya strategi digital yang terencana. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kesiapan digital yang relevan dengan karakteristik dan keterbatasannya, serta menganalisis hubungan antar faktor yang berpengaruh. Model dikembangkan dengan mengintegrasikan dimensi technological sensemaking, organization, dan knowledge leadership. Penelitian ini menggunakan metode survei terhadap UKM di Indonesia, dengan analisis PLS-SEM untuk menguji model dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan seluruh konstruk memiliki pengaruh signifikan, dengan konstruk strategy/plan menjadi yang paling signifikan. Temuan ini memberikan implikasi manajerial berupa pentingnya mengintegrasikan aspek teknologi dalam strategi bisnis jangka panjang.