Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Industri farmasi dan kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam
beberapa tahun terakhir, didorong oleh peningkatan permintaan terhadap produk berbahan
dasar alami. PT X sebagai perusahaan yang berfokus pada pemanfaatan bahan alam lokal
mengembangkan produk oil-based cleanser dengan virgin tamanu oil. Namun, meskipun
tren skincare terus meningkat, penjualan produk oil-based cleanser belum menunjukkan
performa yang optimal. Salah satu penyebab utama yang teridentifikasi adalah belum
dilakukannya riset pemasaran untuk memahami preferensi konsumen. Kondisi ini
menimbulkan kesenjangan antara spesifikasi produk dengan ekspektasi pasar.
Penelitian ini bertujuan merancang konsep produk oil-based cleanser yang sesuai dengan
preferensi konsumen melalui pendekatan choice-based conjoint (CBC) dengan survei daring
dan data yang terkumpul sebesar 173 responden. Estimasi nilai utilitas masing-masing
atribut dilakukan menggunakan pendekatan hierarchical Bayes (HB) yang memungkinkan
analisis pada tingkat individu. Selanjutnya, segmentasi preferensi konsumen dilakukan
melalui analisis regresi logistik kelas laten untuk mengidentifikasi kelompok pengguna
dengan pola preferensi yang berbeda. Selain itu, metode Van Westendorp price sensitivity
meter (PSM) digunakan untuk menentukan rentang harga optimal produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling memengaruhi keputusan pembelian
secara berurutan adalah tingkat keefektifan, konsistensi dan jenis kemasan, ukuran kemasan,
tekstur, dan jenis manfaat. Segmentasi berbasis analisis kelas laten menghasilkan empat
segmen konsumen dengan preferensi yang berbeda yaitu “Focused Functionalists”, “Daily
Comfort Seekers”, “The Begginers”, dan “The Balance”. Berdasarkan simulasi pangsa
pasar, konsep produk dengan kombinasi gentle, kemasan pump berukuran 100 ml, tekstur
watery, dan dapat digunakan untuk seluruh jenis kulit. Hasil analisis Van Westendorp
menunjukkan bahwa rentang harga yang dianggap wajar oleh konsumen berada pada kisaran
Rp60.000 hingga Rp120.000 dengan harga optimal di Rp77.500. Kombinasi atribut dan
strategi harga ini diharapkan mampu meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk
oil-based cleanser PT X.
Perpustakaan Digital ITB