digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Industri farmasi dan kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh peningkatan permintaan terhadap produk berbahan dasar alami. PT X sebagai perusahaan yang berfokus pada pemanfaatan bahan alam lokal mengembangkan produk oil-based cleanser dengan virgin tamanu oil. Namun, meskipun tren skincare terus meningkat, penjualan produk oil-based cleanser belum menunjukkan performa yang optimal. Salah satu penyebab utama yang teridentifikasi adalah belum dilakukannya riset pemasaran untuk memahami preferensi konsumen. Kondisi ini menimbulkan kesenjangan antara spesifikasi produk dengan ekspektasi pasar. Penelitian ini bertujuan merancang konsep produk oil-based cleanser yang sesuai dengan preferensi konsumen melalui pendekatan choice-based conjoint (CBC) dengan survei daring dan data yang terkumpul sebesar 173 responden. Estimasi nilai utilitas masing-masing atribut dilakukan menggunakan pendekatan hierarchical Bayes (HB) yang memungkinkan analisis pada tingkat individu. Selanjutnya, segmentasi preferensi konsumen dilakukan melalui analisis regresi logistik kelas laten untuk mengidentifikasi kelompok pengguna dengan pola preferensi yang berbeda. Selain itu, metode Van Westendorp price sensitivity meter (PSM) digunakan untuk menentukan rentang harga optimal produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling memengaruhi keputusan pembelian secara berurutan adalah tingkat keefektifan, konsistensi dan jenis kemasan, ukuran kemasan, tekstur, dan jenis manfaat. Segmentasi berbasis analisis kelas laten menghasilkan empat segmen konsumen dengan preferensi yang berbeda yaitu “Focused Functionalists”, “Daily Comfort Seekers”, “The Begginers”, dan “The Balance”. Berdasarkan simulasi pangsa pasar, konsep produk dengan kombinasi gentle, kemasan pump berukuran 100 ml, tekstur watery, dan dapat digunakan untuk seluruh jenis kulit. Hasil analisis Van Westendorp menunjukkan bahwa rentang harga yang dianggap wajar oleh konsumen berada pada kisaran Rp60.000 hingga Rp120.000 dengan harga optimal di Rp77.500. Kombinasi atribut dan strategi harga ini diharapkan mampu meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk oil-based cleanser PT X.