digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Akbar Dandy Firmansyah
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Akbar Dandy Firmansyah
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 8 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 9 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 10 Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Akbar Dandy Firmansyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan Multipurpose Kota Dumai terdiri atas fasilitas sisi laut dan sisi darat, dengan fasilitas sisi laut yaitu dermaga jenis jetty dengan tiga jenis dermaga untuk masing-masing komoditas daerah hinterland: general cargo, curah kering, curah cair. Fasilitas sisi darat berupa gudang penyimpanan kargo, stockpile, tengki penyimpanan serta akses jalan. Pada sisi laut perancangan bidang geoteknik dibutuhkan pada tiang pancang dermaga dan trestle, sedangkan pada sisi darat dibutuhkan pada timbunan. Tiang pancang didesain dengan bahan pipa baja (Fy = 240 MPa) dengan ujung tertutup dan dibagi menjadi empat ukuran berdasarkan fungsi struktur atasnya (trestle, dermaga general cargo, curah kering, curah cair) dengan memperhatikan daya dukung aksial, defleksi izin akibat gaya lateral menggunakan Ensoft LPILE, kapasitas penampang dan penurunan tiang. Hasil perancangan fondasi tiang pancang meliputi trestle dengan diameter luar 700 mm, tebal 120 mm dan panjang total 62 meter; dermaga general cargo dengan diameter luar 800 mm, tebal 120 mm dan panjang total 63,5 meter; dermaga curah kering dengan diameter luar 1000 mm, tebal 120 mm dan panjang total 60 meter; dermaga curah cair dengan diameter luar 900 mm, tebal 120 mm dan panjang total 68 meter. Zona timbunan dibagi menjadi tiga zona meliputi zona 1 yang diperuntukkan menjadi area akses keluar masuk pelabuhan, zona 2 diperuntukkan untuk fasilitas sisi darat (terminal general cargo, terminal curah kering dan terminal curah cair) dan zona 3 direncanakan menjadi causeway. Perancangan masing-masing zona timbunan menggunakan metode kombinasi antara prapembebanan dengan prefabricated vertical drain (PVD) serta timbunan bertahap dengan memperhatikan penurunan total tanah akibat penurunan elastik maupun konsolidasi, durasi konsolidasi dan daya dukung tanah dasar tiap tahap timbunan bertahap. Pengecekan keamanan pada lereng timbunan menggunakan perangkat lunak PLAXIS 2D v20 adalah aman dengan safety factor minimum 1,5 untuk beban layan statik dan 1,1 untuk masa konstruksi serta beban pseudostatik.