digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bidang penulisan kreatif sangat beragam untuk praktik profesional. Akselerasi digital yang drastis telah memaksa perilaku pelanggan untuk menyesuaikan diri secara dinamis. Penggunaan layanan platform digital untuk film dan tuntutan pasar dalam penulisan kreatif, terutama skenario, menunjukkan tren yang berkembang. Bagi Laskara Creative, sebuah perusahaan pemula di industri penulisan kreatif, penelitian ini memberikan bisnis yang situasional dan relevan dengan kemungkinan bisnis. Ini menjelaskan bagaimana perusahaan dapat mempertahankan pangsa pasarnya dengan memanfaatkan peluang pasar setelah menganalisis ekosistem bisnis di industri kreatif dan membangun peluang bisnis-ke-bisnis yang berpotensi menguntungkan dan memiliki dampak sosial yang positif. Prosesnya dimulai dengan analisis keadaan perusahaan dan ekosistem industri saat ini, baik secara internal maupun eksternal, dengan memanfaatkan beberapa metode dan teori yang diambil dari studi literatur, termasuk Porter's Diamond, Porter's 5 Forces, dan Resource-Based View Analysis. Memanfaatkan Market Opportunity Analysis (MOA), analisis eksternal dan internal yang komprehensif dapat digabungkan. Menurut Market Opportunity Analysis, perusahaan sekarang dalam keadaan baik tetapi mungkin menghadapi banyak kesulitan jika tidak dapat mengubah sumber daya dan koneksi yang dimiliki dalam ekosistem menjadi kemungkinan. Proses bisnis dan ekosistem perusahaan yang ada masih jauh dari ideal, yang seharusnya menciptakan nilai bagi pelanggan bersama dengan menciptakan siklus yang baik yang didukung oleh hubungan interseksional. Untuk menciptakan peluang bisnis-ke-bisnis yang ideal melalui kolaborasi lintas bagian yang terdiri dari IP bersama, rantai pasokan kreatif, dan teknologi kreatif, yang mencakup akademisi, pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil, disarankan menggunakan pendekatan Variable Quadruple Helix. Proses perumusan peluang didukung oleh teori Ardichvili tentang Business Opportunity dan Value Creation Capability.