digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Boboya Wear adalah brand fashion lokal yang memiliki spesialisasi pada fashion wanita yang menawarkan pakaian sehari-hari yang memiliki aksen bordir unik pada setiap produk dan memiliki warna yang beragam. Isu utama Boboya Wear adalah penjualan yang buruk dan cenderung tidak stabil sehingga hal tersebut menjadi isu bagi Boboya Wear. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi untuk memecahkan masalah perusahaan. Salah satu masalah yang di hadapi oleh Boboya Wear yaitu produk kurang relevan dengan keinginan konsumen atau trend mengenai produk tersebut sudah habis. Mengakibatkan naik dan turunnya penjualan dan variasi produknya yang sedikit sehingga pilihan konsumen sedikit dan hal ini di pengaruhi oleh timeline produksi yang berantakan dan juga strategi promosi yang tidak konsisten. Untuk menganalisis lebih dalam peneliti menggunakan data primer seperti penyebaran kuesioner untuk menganalisis konsumen dan data sekunder dari insight Instagram dan Shopee Boboya Wear. Peneliti menggunakan Ishikawa fishbone diagram untuk mencari tahu lebih dalam permasalahan yang di alami oleh Boboya Wear. Setelah menganalisis situasi internal dan eksternal Boboya Wear menggunakan bauran pemasaran 4Ps, SWOT, VRIO, five forces porter, analisis pesaing, dan analisis pelanggan. Solusinya adalah dengan menerapkan AR try-on sebagai strategi promosi. Solusinya adalah dengan mengembangkan produk dan kemasan baru, berkolaborasi dengan influencer menggunakan AR try-on, membuat promo bundling, dan mengedukasi audiens tentang teknologi try-on AR. Teknologi AR try-on yang digunakan yaitu Instagram filter karena biaya instalasinya lebih murah dan maintenancenya lebih mudah dibandingkan AR try-on di platform lain. Sebagian besar responden setuju AR akan membantu mereka. Total dari 100 responden setuju bahwa AR membantu dalam memilih produk dan pengalaman berbelanja menyenangkan. Rencana implementasi bisnis yang akan dilakukan yaitu dengan implementasi AR try-on dengan maksimal yaitu dengan cara membuat produk dan packaging baru dan menyematkan AR try-on