Indonesia merupakan negara yang termasuk empat besar memproduksi biji kopi secara global. Selain itu
Indonesia termasuk memiliki peran di industri coffee shop yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dibalik itu semua konsumsi kopi Indonesia juga meningkat dimana ini sudah menjadi trend untuk minum kopi di coffee shop bagi kaum generasi sekarang yang mendominasi dari generasi z, millennial dan x.
Contrast Coffee merupakan salah satu coffee shop yang berada di Bandung sudah berdiri dari tahun 2016.
Pernah mengalami pindah lokasi pada tahun 2019. Kemudian muncul pandemi pada tahun 2020 yang memiliki dampak pada kinerja bisnis. Selain itu pendatang baru maupun kompetitor yang sudah ada persaingan kedai kopi yang terus meningkat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi dari kondisi bisnis Contrast Coffee baik sebelum, selama dan sesudah pandemi kemudian dapat mengusulkan strategi marketing kepada Contrast Coffee untuk meningkatkan performa penjualan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan baik secara kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data ada dilakukan dengan cara wawancara, observasi, survei dan kuesioner. Kemudian data lainnya diperoleh dari buku, jurnal, laporan, sumber internet yang terpercaya dan data yang bisa diambil dari Contrast Coffee. Penelitian ini juga melakukan analisis dari internal dan eksternal. Analisis eksternal meliputi yang digunakan PESTEL, Five Force Porter, Analisis Pesaing dan Analisis Pelanggan. Sedangkan analisis internal meliputi yang digunakan STP, Marketing Mix 7P dan VRIO. Setelah itu hasil dari eksternal dan internal situasi meng summary pada SWOT Analisis, lalu hasil tersebut diformulasikan menggunakan matrix TOWS Analisis dan diintegrasikan pada Marketing Mix 7P strategi untuk diimplementasikan oleh Contrast Coffee.
Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan 13 strategi alternatif yang diusulkan kepada Contrast Coffee.
Namun ada 4 poin utama strategi yang menjadi pilihan untuk diimplementasikan terlebih dahulu dikarenakan melihat dari kondisi Contrast Coffee. Strategi ini meliputi menciptakan produk kopi siap minum premium yang dikemas dalam kaleng, mengembangkan produk kopi dengan banyak varian rasa baru sebagai pilihan bagi pelanggan, manfaatkan pemasaran media sosial dengan meningkatkan konten video yang berfokus pada platform tiktok dan reel Instagram dan melakukan dan menawarkan promosi penjualan secara teratur.
Perpustakaan Digital ITB