digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai lebih dari 133 juta unit pada tahun 2019. Jumlah tersebut naik sekitar lima persen sejak dua tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah kendaraan berimbas pada peningkatan volume kendaraan yang menggunakan jalan tol. Namun, peningkatan volume kendaraan di jalan tol tersebut belum bisa diimbangi dengan infrastruktur teknologi yang mendukung, sehingga dengan teknologi pembayaran yang sekarang yaitu menggunakan kartu berbasis RFID, belum bisa mengurangi penumpukan kendaraan yang terjadi di gerbang jalan tol. Tugas akhir ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah antrian jalan tol di Indonesia dengan sistem Electronic Onboard Unit (E-OBU) berbasis Android untuk mewujudkan sistem Multi-Lane Free Flow (MLFF) di Indonesia, yang merupakan sistem jalan tol tanpa hambatan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan pendekatan desain interaksi user-centered design yang memiliki usability goals utama yaitu have good utility dan effective to use serta memiliki user experience goals yaitu helpful. Tampilan antarmuka aplikasi, menyesuaikan dengan sistem operasi pengembangan aplikasi yaitu pada sistem operasi Android. Hasil pengujian desain interaksi menunjukkan bahwa usability goals dan user- experience goals yang dituju tercapai. Selain itu, tampilan antarmuka yang dibuat sesuai dengan rancangan desain interaksi yang dibuat serta aplikasi terbukti dapat menggantikan fungsi gerbang tol dan kartu RFID sebagai sarana pengenalan mobil di jalan tol dan sarana pembayaran untuk mengatasi terjadinya penumpukan.