Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi telah berkembang pesat, terutama dalam
hal teknologi informasi. Seperti contohnya, telepon genggam saat ini telah menjadi
salah satu alat elektronik yang paling banyak digunakan dan penting untuk orangorang
saat ini. Mereka menggunakan telepon genggam tidak hanya untuk mengambil
foto maupun mengirim pesan, tetapi juga untuk melakukan browsing atau bahkan
berbelanja online. Dikarenakan adanya kemudahan untuk mengakses segala hal,
mereka terpapar banyak informasi. Pelanggan yang dulu harus pergi ke toko untuk
membeli sesuatu, sekarang dapat dengan mudah menulusuri web online untuk
mencari barang-barang yang mereka inginkan, dan hanya dalam beberapa langkah
yang mudah, barang yang mereka beli secara online dapat dikirimkan ke pembeli
tanpa mereka harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengunjungi suatu toko. Hal
ini mengarah pada perilaku baru, yaitu pembelian impulsif secara online. Menurut
Dawson dan Kim (2009), pembelian impulsif digambarkan oleh reaksi kognitif dan
afektif seseorang. Tidak hanya itu, faktor eksternal seperti diskon dan promosi serta
kualitas suatu web (Swarnalatha dan Soundhariya, 2018) dan serta faktor situasional
seperti ketersediaan waktu dan uang (Beatty dan Ferrell, 1998) ternyata juga
memiliki pengaruh terhadap pembeli. Di antara seluruh target pasar, Generasi Z
adalah target terbesar karena mereka sedang berada di usia produktif. Karena
pergeseran dalam perilaku belanja ini, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui faktor mana yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap perilaku
pembelian impulsif secara online pada Generasi Z berumur 18 hingga 24 tahun.
Untuk penelitian ini, diambil 400 data dari populasi yang dituju. Uji reliabilitas dan
validitas, uji asumsi klasik, analsis deskriptif, analisis korelasi, dan regresi linear
berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor eksternal dan faktor situasional memiliki pengaruh terhadap pembelian
impulsif secara online. Penemuan ini bisa digunakan oleh perusahaan untuk
mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Perpustakaan Digital ITB