digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kopi merupakan salah satu industri yang sedang berkembang pesat. Hal tersebut dapat dilihat dengan menjamurnya kedai kopi di Indonesia. Perkembangan tersebut juga didukung oleh banyaknya pembuat konten yang mengulas seputar industri kopi. Meningkatnya jumlah pembuat konten tersebut membuat bisnis pembuatan konten menjadi ramai pesaing. Kondisi ini membuat Kolase Kopi sebagai media yang mengulas seputar kultur dan industri kopi merasa konten seputar ulasan industri kopi menjadi tidak bernilai. Penelitian ini bertujuan untuk mencari peluang pasar baru bagi Kolase Kopi dan mendapatkan strategi terbaik untuk menciptakan permintaan baru yang minim pesaing atau dikenal dengan strategi blue ocean. Analisis internal dilakukan untuk mengukur kapabilitas sumber daya yang dilanjutkan dengan analisis eksternal menggunakan Porter Five’s Force dan PEST Analysis. Identifikasi kondisi pasar dan pengembangan strategi dilakukan menggunakan analisis Market Opportunity Analysis, dan Blue Ocean Strategy. Berdasarkan hasil interview yang didapatkan bahwa permintaan data penunjang untuk mendukung keberlangsungan bisnis kopi sangat dibutuhkan para pelaku bisnis kopi. Berdasarkan hasil analisis tersebut Kolase Kopi harus mengembangkan bisnisnya menjadi jual beli data yang berhubungan dalam industri kopi.