Industri kopi merupakan salah satu industri yang sedang berkembang pesat.
Hal tersebut dapat dilihat dengan menjamurnya kedai kopi di Indonesia.
Perkembangan tersebut juga didukung oleh banyaknya pembuat konten yang
mengulas seputar industri kopi. Meningkatnya jumlah pembuat konten tersebut
membuat bisnis pembuatan konten menjadi ramai pesaing. Kondisi ini membuat
Kolase Kopi sebagai media yang mengulas seputar kultur dan industri kopi
merasa konten seputar ulasan industri kopi menjadi tidak bernilai. Penelitian ini
bertujuan untuk mencari peluang pasar baru bagi Kolase Kopi dan mendapatkan
strategi terbaik untuk menciptakan permintaan baru yang minim pesaing atau
dikenal dengan strategi blue ocean. Analisis internal dilakukan untuk mengukur
kapabilitas sumber daya yang dilanjutkan dengan analisis eksternal menggunakan
Porter Five’s Force dan PEST Analysis. Identifikasi kondisi pasar dan
pengembangan strategi dilakukan menggunakan analisis Market Opportunity
Analysis, dan Blue Ocean Strategy. Berdasarkan hasil interview yang didapatkan
bahwa permintaan data penunjang untuk mendukung keberlangsungan bisnis kopi
sangat dibutuhkan para pelaku bisnis kopi. Berdasarkan hasil analisis tersebut
Kolase Kopi harus mengembangkan bisnisnya menjadi jual beli data yang
berhubungan dalam industri kopi.