digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nursinta Afrianti
PUBLIC Dewi Supryati

COVER Nursinta Afrianti
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 1 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Nursinta Afrianti
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Nursinta Afrianti
PUBLIC Dewi Supryati

Penentuan rute kendaraan merupakan salah satu keputusan penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Aktivitas distribusi air minum kemasan oleh PT. X adalah masalah rute kendaraan (MRK) dengan pengiriman dan pengambilan simultan, yang berarti terdapat aktivitas pengiriman dan pengambilan barang di pelanggan secara bersamaan. Berangkat dari permasalahan yang terjadi pada PT. X, maka pada penelitian ini dilakukan pengembangan model matematis dan pengembangan algoritma metaheuristik untuk masalah rute kendaraan yang mempertimbangkan karakteristik kendaraan heterogen, rute majemuk, jendela waktu majemuk, dan pengantaran-penjemputan simultan atau disingkat MRK-HRMJWMPPS. Model matematis yang dikembangkan berupa Mixed Integer Linear Programming (MILP) dengan kriteria performansi yaitu meminimumkan total biaya transportasi. Pencarian solusi dengan metode MILP dapat dilakukan pada permasalahan dalam skala kecil, namun waktu komputasi meningkat secara eksponensial seiring dengan pertambahan jumlah data. Algoritma Variable Neighborhood Descent (VND) dikembangkan untuk mengatasi lamanya waktu komputasi yang diperlukan pada metode MILP. Pencarian solusi awal VND menggunakan algoritma Sequential Insertion (SI). Model matematis dan algoritma VND yang dikembangkan pada penelitian ini dapat memecahkan permasalahan MRK-HRMJWMPPS, dari komputasi set data menghasilkan solusi layak untuk 5 hingga 7 pelanggan dengan persentase perbedaan antara solusi MILP dan VND yaitu 16,88%. Dilakukan juga uji coba data dengan 20, 50, dan 100 pelanggan pada penelitian ini menggunakan algoritma SI dan VND. Model dan algoritma yang dikembangkan juga dapat digunakan pada model MRK lainnya, yaitu MRK-RMJWPPS untuk kendaraan homogen terbatas, MRK dengan rute majemuk, jendela waktu tunggal, dan pengiriman dan pengambilan simultan, serta untuk MRK-HRMJWMPPS untuk