digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

E-commerce sebagai pangsa pasar ritel total di Indonesia dari 2018 hingga 2019, dengan perkiraan untuk 2020 hingga 2022. Pada tahun 2020, ekonomi internet Indonesia memiliki nilai barang dagangan bruto (NDB) tahunan sekitar 44 miliar dolar AS. Angka ini diperkirakan akan mencapai 124 miliar dolar AS pada tahun 2025. Selanjutnya, diperkirakan ukuran pasar warung akan mencapai USD 36 miliar pada tahun 2025F. Menganalisis peluang e-warung di Indonesia, pasar e-commerce telah mencapai 35,95% dari penjualan ritel. Pasar e-niaga Indonesia dapat dilihat memiliki nilai barang dagangan kotor sebesar YS$30,6 miliar pada 2020E dan diperkirakan akan mencapai US$75,7 miliar pada 2025F dengan CAGR 19,9% dari 2020-2025E. Secara khusus, dampak pada ewarung. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran mitra Bukalapak berdasarkan Analisis Eksternal (PESTEL, Lima kekuatan Porter, Analisis Pesaing, Analisis Konsumen) dan Analisis Internal (VRIO, Pirate Matrics, Bauran Pemasaran, Analisis Keuangan Pemasaran). Pemodelan Persamaan Struktural digunakan untuk menguji korelasi masing-masing variabel dan membantu membangun strategi baru menggunakan SWOT dan hasilnya dengan TOWS. Rencana implementasi akan diambil tindakan lebih lanjut di mana berbagai strategi akan dipilih dan direkomendasikan untuk diterapkan oleh perusahaan.